7 Cara yang Terbukti Menciptakan Event Brand-Activation yang Efektif

brand_activation
brand_activation

BRAND ACTIVATION

Sebuah brand-activation event yang efektif adalah sebuah aktivitas yang terkait langsung dengan merek produk tersebut dan mampu menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan (memorable) bagi konsumen dan pelanggan kita.

Ada banyak bentuk aktivitas brand-activation, di mana kesemuanya dilatarbelakangi oleh riwayat dan posisi produk yang berbeda-beda, serta obyektif yang berbeda juga.

Itulah sebabnya, bentuk aktivitas brand-activation untuk satu merek produk, belumlah tentu sama atau belum tentu cocok untuk merek produk yang lain, meski memiliki kategori produk yang sama.

Ada tujuh cara untuk menciptakan event yang efektif yang mampu mengaktivasi sebuah merek, yaitu :

  1. Temukan ide yang tepat
  2. Buat event yang eksklusif
  3. Gunakan kemajuan teknologi
  4. Maksimalkan ruang promo
  5. Buat aktivitas khusus
  6. Bentuk acara bebas
  7. Libatkan staf dan karyawan

 

# 1 : Bagaimana Cara Men-generate Ide yang Tepat

Kita akan mampu menciptakan aktivitas kreatif, jika kita bisa menempatkan diri kita diantara apa yang ditawarkan merek produk  yang bersifat unik tersebut (unique product offering) dengan apa yang menjadi harapan pelanggan (consumer insight).

Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan dan harus kita pahami terlebih dahulu, sebelum kita menyusun creative brand activation event yang tepat, yaitu :

  • Apa pengalaman terbaik pelanggan dengan produk tersebut atau dengan kategori produk tersebut ?
  • Dimana atau saat seperti apa pelanggan mendapatkannya ?
  • Pengalaman paling mengesankan apa yang didapat oleh pelanggan saat bersama produk (kategori produk tersebut) ?
  • Apa backstory yang dimiliki pelanggan dengan merek produk atau kategori produk tersebut ?
  • Bagaimana cara kita membuat ulang (re-create) pengalaman mengesankan tersebut ?
  • Fitur unik apa yang dimiliki merek produk dan yang dimiliki toko atau titik penjualan yang membuat pelanggan terkesan ?
  • Bagaimana semua unique features tersebut dapat bercerita atau menceritakan sesuatu melalui sebuah aktivitas pemasaran ?
  • Hal-hal apakah yang paling menarik pelanggan kita secara umum ?,
    • Apakah pelanggan tertarik dengan aktivitas olah raga ?
    • Apakah pelanggan secara umum tertarik aktivitas diruang terbuka?
    • Apakah mereka tertarik dengan sebuah kompetisi yang fun dan bersifat family ?
  • Dan bagaimana membuat mereka memiliki interaksi intensif satu sama lain ?

Dari jawaban atas serangkaian pertanyaan diatas, kita sudah bisa membayangkan, seperti apa kira-kira bentuk kreatif brand activation event ini.

Salah satu kunci utama keberhasilan brand activation event adalah keramaian, semakin tinggi tingkat keramaiannya, maka efektivitas event juga meningkat naik.



 

# 2 : Buat Exclusive Event

Buat event tersebut se-eksklusif mungkin, artinya acara ini harus ada yang berbeda dengan yang acara senada di sekitar.

Tapi tetap mengikuti ide besar yang sudah kita dapatkan didepan, karena bentuk acara tersebut yang secara umum disukai pelanggan kita.

Kemudian durasi waktu, sebuah event akan menarik saat digelar dalam tempo tertentu saja, bisa dalam satu dua hari atau satu dua minggu. Acara dalam waktu yang lama akan menimbulkan kebosanan.

Dan akan lebih baik kalau dibuat dalam bentuk series, dibuat dulu beberapa acara kecil dilingkungan yang kecil juga, kemudian setelah beberapa acara, baru dibuat acara utamanya.

Pada kesempatan seperti ini, akan lebih baik jika kita bisa mengundang media untuk ikut mempublikasikan acara tersebut.

Media biasanya sangat menyukai acara-acara dalam durasi pendek yang unik dan kreatif serta melibatkan masa  yang besar.

Dan yang lebih penting, kita harus pastikan pelanggan dan semua audience tahu awal dan akhir event brand activation tersebut.

Jika acara tersebut akan melibatkan masa dalam jumlah yang besar, dan mengharuskan penggunaan tiket masuk, kita harus bisa mengatur bentuk tiket yang berhubungan dengan produk kita.

Atau bisa juga dengan cara, kita undang dulu beberapa tamu VIP dan para influencer, baru kemudian sisa tempat tersebut yang kita jual.

Ingat, semakin ekskluif sebuah acara, maka akan semakin banyak peserta yang akan membagikannya di media social mereka.

 

# 3 : Gunakan Kemajuan Teknologi

Even aktivasi merek, adalah acara yang sangat mengesankan, penuh permainan dan pertunjukan yang sangat kreatif dan menantang, dan yang paling utama adalah adanya interaksi yng inten antara merek produk dengan para audience.

Pada zaman now ini, dimana internet dan sosmed sudah menjadi bagian dari gaya hidup mayoritas audience, maka kita bisa mengambil sisi positif dari fenomena ini.

Kita harus membuat audience menangkap setiap moment mengesankan mereka dan meng-upload-nya di grup sosmed mereka.

Peserta harus didorong untuk berbagi foto dan video, kemudian buat tagar untuk acara tersebut, sehingga memudahkan semua orang untuk menemukan media yang kita upload tersebut.

Dan bisa juga dengan membuat permainan atau lomba untuk mengumpulkan foto dan video yang menarik dan memberi hadiah kepada mereka yang paling banyak mendapat like atau yang paling disukai para netizen.

Harus juga dibuatkan photo-both / photo-stan yang tematik, unik dan kreatif dimana semua audience bisa berfoto dan meng-upload-nya untuk kemudian diberi hadiah bagi 10 atau 25 yang paling menarik serta mereka yang masih memajang foto tersebut minimal satu bulan.

 

# 4 : Maksimalkan Ruang Promo

Kadang sebuah even harus digelar di outlet atau disekitar pertokoan / pasar, dimana interaksi dengan ruang display cukup dekat.

Apakah kita membuatnya di tardisional market atau di mal / supermarket, yang pasti pengunjung bisa secara langsung melihat deretan produk yang terdisplay disana, serta bisa melakukan transaksi disana.

Ada satu bentuk aktivitas yang sangat menarik, yaitu dengan melibatkan beberapa outlet yang berada disekitar lokasi atau stand yang berada di mall / supermarket.

Buat game dimana ada aktivitas yang mengharuskan peserta berinteraksi dengan outlets sekitar tersebut, apakah seperti mencari harta karun, atau harus membeli produk dengan menebak harga atau yang lainnya.

Pengunaan lokasi secara angsung di outlet, akan memberikan dampak positif bagi audience, diantaranya adalah kedekatan dengan outlets dan merek produk tentunya.

 

# 5 : Buat Aktivitas Khusus.

Saat kita membuat event, pasti banyak pengunjung yang datang, itu satu point, namun point berikutnya yang lebih utama, yaitu bagaimana mempertahankan mereka untuk tidak meninggalkan acara tersebut sampai selesai.

Nyawa dari sebuah event marketing adalah melibatkan pengunjung sebanyak mungkin untuk ikut aktif dan berinteraksi serta larut dalam acara tersebut.

Jadi tidak hanya membuat ruang yang tertata menarik dengan sederetan produk ter-display disana dan membiarkan mereka yang lewat berlalu begitu saja.

Para pengunjung ini harus terlibat, setidaknya mereka berhenti sebentar, mampir dan berinteraksi dengan atribut produk dan membawa sedikit memorable.

Jadi harus dibuat acara kecil yang membutuhkan hanya waktu atau sangat singkat, sehingga pengunjung merasa tidak akan rugi untuk berhenti sesaat.

Dan acara kecil ini harus disambung dengan acara yang lebih besar, pasti dari sekian acara kecil ini, akan ada beberapa yang tertarik untuk ikut di acara yang lebih besar.

Kemudian lanjutkan ke acara inti, bawa mereka yang tertarik ini ke untuk ikut terlibat di acara ini, sehingga dengan proses ini, akan semakin banyak pengunjung yang aktif terlibat.

Model funeling ini harus dibuat bertahap, jangan terlalu banyak step, dua sampai tiga step sudah cukup, dan beri mereka tantangan, hadiah, penghargaan dan aneka reward lainnya.

Atau acara yang bersifat kelompok, artinya berikan tantangan pada mereka dan kelompoknya yang sedang berkunjung untuk melakukan aktivitas yang fun dan menantang.

Aktivitas ini sangat bagus untuk di muat di grup media sosial mereka dan dapat digunakan untuk membuat hashtag Anda yang lagi ngetren.

 

# 6 : Bentuk Acara Bebas

Acara bebas yang dimakasud adalah acara kreasi sendiri dari para pengunjung atau audience, baik tunggal maupun berkelompok.

Sesi acara bebas ini akan memberikan ruang khusus kepada audience untuk mengeksplore merek produk kita dengan gaya mereka sebebas bebasnya.

Kemudian biarkan pengunjung lain yang memberikan penilaian, apakan dengan menggunakan metode top five, top ten yang jelas tidak perlu ada nomer satu, kecuali menggunakan penilaian yang memang bisa kita hitung dengan pasti seperti ‘like’ di sosmed.

Pengunjung dan konsumen harus bisa menemukan informasi, produk, dan cerita yang tersembunyi atau membuat cerita tematik sendiri.

Model ini dapat dilakukan dengan berbagai bentuk acara, jangan lupa sertakan insentif seperti vocher, hadiah, atau diskon tambahan jika mereka bisa menyelesaikan semua kegiatan atau menemukan semua petunjuk.

 

# 7 : Libatkan Seluruh Staf

Saat kita membuat suatu acara yang besar, akan sangat baik jika semua staf perusahan, mulai dari karyawan level terendah, hingga tertinggi ikut kita undang.

Mereka bisa kita beri peranan, mulai dari ikut sebagai tim penyelenggara atau sekedar partisipan dalam acara tersebut.

Minta mereka membawa serta keluarga mereka, teman mereka, atau siapa saja untuk ikut aktif dalam acara tersebut.

Mengajak dan melibatkan mereka dalam pagelaran event ini bukan saja akan membuat acara semakin ramai, namun juga akan membuat kecintaan dan kedekatan mereka terhadap produk dan perusahaan semakin tinggi, dan itu sesuatu yang sangat positif.

Dan dengan mereka ikut serta, maka pemahaman mereka akan perusahaan, merek produk dan semua cerita dibalik produk tersebut akan semakin baik.

Sehingga selesai acara, mereka akan punya cerita tentang perusahaan dan sekian merek produk tersebut, sehingga mereka bisa berbagi cerita dengan kolega dan teman-teman mereka yang lain.

Dari sini akan terjadi explosi yang luar biasa dari sebuah brand-activation event, ledakan akan kesan yang mendalam ini akan membuat awareness produk naik dengan cepat, dan jika moment ini dibarengi dengan aktivitas pemasaran lain yaitu distribusi yang merata dan aktivitas call to action, maka omset kita akan ikut terdongkrak naik.

Demikian pembahasan kita mengenai 7 cara yang terbukti menciptakan brand-activation yang efektif, yaitu :

  • Bagaimana menekan cara men-generate ide yang tepat dan kreatif
  • Membuat acara se-eksklusif mungkin (Exclusive Event)
  • Menggunakan kemajuantTeknologi sebagai salah satu driver
  • Memaksimalkan ruang promo untuk menciptakan interaksi yang intensif
  • Adanya aktivitas khusus yang mampu menarik pengunjung untuk terlibat
  • Adanya acara bebas yang memberikan ruang bagi pengunjung untuk berkreasi sendiri
  • keterlibatan seluruh staf yang akan meningkatkan sense-belong-to mereka ke perusahaan dan merek produk.

Dengan kita menerapkan tujuh cara tersebut, diharapkan akan tercipta event dengan jumlah audience yang tinggi yang memiliki momen yang  memorable yang akan dibawa pengunjung untuk di bagikan dengan dengan orang terdekat mereka.

Brand activation adalah salah satu event bagian dari komunikasi pemasaran, ada banyak komunikasi pemasaran, diantaranya adalah direct marketing atau bentuk pemasaran secara langsung, advertising atau periklanan dan personal selling yang merupakan bentuk promosi penjualan secara face to face atau secara langsung.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Distribusi Pemasaran dotcom ini, semoga ada manfaat yang bisa diambil.

 

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*