at a GLANCE

at a GLANCE


“… Tidak ada yang abadi didunia ini, kecuali …PERUBAHAN…”

Para pelaku bisnis, baik business owner maupun para marketer, saat ini harus menghadapi berbagai hal yang benar-benar berbeda dibandingkan para pendahulunya.

Hadirnya dunia digital yang dibarengi dengan mewabahnya internet dan ledakan smartphone, telah merubah kondisi lingkungan bisnis dan merubah perilaku konsumen dengan sangat drastis.

Banyak perusahaan raksasa yang dulunya digdaya kini ambruk dan tertatih-tatih oleh hadirnya perusahan kecil (yang membesar) yang gesit, inovatif, cepat dan adaptif, perusahaan yang mampu menciptakan ruang pasar baru, perusahaan yang mampu membuat sebuah persaingan menjadi tidak relevan lagi dan perusahaan yang mampu menciptakan demand baru serta bisa melihat dan memenuhi lebih dari want need konsumen.

Sebagai business owner ataupun profesional, terutama para marketer, yang menjadi penentu dan ujung tombak keberlangsungan hidup perusahaan, sudah siapkah menghadapi kondisi yang berbeda ini?, kondisi pasar dengan persaingan yang semakin absurd dan chaos, ditambah dengan adanya internet yang membuat dunia semakin terbuka, yang membuat informasi menjadi demikian mudahnya, yang artinya konsumen semakin cerdas dan semakin tidak loyal (punya banyak pilihan), yang memaksa perusahaan memberikan dan menciptakan produk yang bisa mengerti konsumen atau personal, dan satu lagi yang tidak boleh dilupakan oleh business owner dan para marketer, pola komunikasi dan cara berinteraksi konsumen yang sudah berubah drastis, sebagai akibat dari digital(isme), internet(isme) dan smartphone(isme).

Jadi sebagai business owner dan marketer, kita harus gesit, cepat, inovatif dan adaptif. Artinya kita harus memilki produk / jasa ataupun sistem yang inovatif, melakukan perubahan orientasi bisnis dan pasar dengan menyesuaikan dengan perubahan yang ada (adaptif), tanpa meninggalkan core culture perusahaan.

Kemudian memandang dan menjadikan konsumen sebagai partner, dan mendengar serta melihat jauh kedepan, want need serta insight mereka.

Berikutnya business owner dan marketer harus data minded dan mau melakukan digital marketing / internet marketing dengan memanfaatkan social media, portal / web, e-comm, e-channel, mobile apps dan lainnya (tanpa meninggalkan esensi dari penjualan, distribusi dan pemasaran sebelumnya).

Pertanyaannya,,, Sudah sejauh mana persiapan business owner, top profesional hingga jajaran terbawahnya menghadapi perubahan ini ?

Yuk,,, kita obrolin dan kulik bareng-bareng, ambil something yang berguna dari sana, terus implementasikan dalam aktivitas kita…..

Admin Distribusi Pemasaran dotcom