Cara Mendapatkan Pelanggan Baru (Bagian-2)

Agus Octa

MANAJEMEN PELANGGAN – PELANGGAN BARU

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya dengan judul yang sama – Cara Mendapatkan Pelanggan Baru.

Seperti kita ketahui, betapa pentingnya arti dari pelanggan ini bagi sebuah bisnis, berapa pun skala bisnis tersebut.

Kehilangan beberapa pelanggan, mungkin tidak terasa bagi sebuah bisnis yang besar, tetapi akan berbeda dengan usaha dalam skala kecil menengah atau UKM.

Kehilangan beberapa pelanggan mereka, kadang bisa berpengaruh terhadap total omset usaha kecil menengah.

Padahal dalam prakteknya, konsumen atau pun pelanggan bisa saja datang dan pergi.

Itulah sebabnya penting bagi sebuah usaha untuk terus berusaha mendapatkan pelanggan baru mereka, selain mempertahankan pelanggan lama tentunya.

Dalam artikel sebelumnya sudah kita bahas, bagaimana atau apa saja yang harus kita kerjakan untuk bisa mendapatkan pelanggan atau konsumen baru.

Diantaranya adalah :

  1. Mengenali dan memahami pelanggan kita (pelanggan ideal dan potensial),
  2. Membuat program referensi atau referral,
  3. Memperhatikan company image dan brand image,

Sekarang kita akan lanjutkan aktivitas berikutnya untuk mendapatkan pelanggan baru tersebut.

#4 : Back to Basic

Kadang bentuk komunikasi atau kampanye model lama masih mampu untuk menarik calon konsumen baru, itulah sebabnya sesekali beberapa perusahan masih menggunakannya.

Bentuk atau pola lama dari kampanye pemasaran ada beragam, seperti brosur, selebaran, banner, poster, umbul-umbul dan lain-lain.

Agar memiliki dampak yang maksimal, penggunaannya, sebaiknya kita sesuaikan dengan aktivitas yang sedang berjalan.

Misalkan, kita sedang punya event di sebuah mall, kita bisa memasang umbul-umbul di sepanjang jalan yang menuju ke mall tersebut.

Atau memasang  T-Banner sampai dengan radius sekian kilo dari mall tersebut, yang kita kombinasikan dengan pembagian brosur dan selebaran.

Kemudian pemasangan baliho di beberapa tempat yang strategis, terutama dititik-titik pemberhentian kendaraan jalan-jalan utama.

Selain itu, ada pemasangan poster di beberapa tempat dimana target market berada atau sering berada.

Pemasangan berbagai alat komunikasi pemasaran ini harus diatur sedemikian rupa agar memiliki dampak yang maksimal.

Mulai dari titik mana saja yang akan digunakan, alat komunikasi apa yang digunakan ditempat tersebut, dan kapan waktu pemasangan alat tersebut.

Pengaturan yang baik, pemilihan tempat yang tepat dan waktu yang pas, akan mampu menarik perhatian calon konsumen.

#5 : Kampanye dengan Anggran Terbatas

Cara mendapatkan pelanggan baru secara online

Kadang karena satu dan lain hal, anggaran sangat terbatas atau masih belum semua mendapatkan approval dari manajemen / direksi.

Pada saat seperti ini, jika ada momen yang bisa diambil, maka sangat disayangkan jika kita lewatkan begitu saja.

Sebagai praktisi dilapangan, kita harus memutar otak, dengan anggaran yang terbatas tersebut untuk tetap bisa melakukan aktivitas komunikasi pemasaran.

Ada banyak kampanye yang bisa kita lakukan dengan budget yang tipis tersebut.

Coba perhatikan website kita, kita bisa membuat berbagai kampanye tambahan disana, baik yang bersifat pengembangan awareness,  membantu calon konsumen membuat keputusan dengan berbagai edukasi, atau bahkan untuk meningkatkan terciptanya konversi penjualan.

Membuat berbagai kampanye di website kita tidak harus membutuhkan dana yang besar, karena kita bisa membuat aktivitas dengan dana yang kecil.

Selain website, kita bisa juga membuat kampanye di media yang lain, seperti media sosial, tentu dengan berbagai aturan / kebijakan dari media tersebut.

Hal yang sama juga berlaku di media sosial, budget kampanye bisa kita atur, tidak harus langsung besar.

Kita bisa fokus di wilayah tertentu , sub-segment tertentu, atau profile tertentu, denga jangkaun tertentu pula, semua bisa kita atur.

Selain itu, kita juga bisa membuat berbagai program untuk membangun database pelanggan kita / list building, dengan menggunakan email marketing dan existing pelanggan kita.

Misal pemberian reward untuk pelanggan yang telah berhasil membawa konsumen baru atas referensi mereka.

#6 : Aktivitas Yang Layak Berita

Membuat aktivitas yang layak berita, bisa menjadi sarana untuk mendatangkan calon konsumen baru dengan biaya yang kecil.

Saat kita membuat event, biasanya akan ada sesi press conference, dimana kita mengundang para wartawan dari beberapa media.

Biasanya kita sudah membuat press release, dan pemberitaan tidak jauh berbeda dengan press release yang sudah kita buat tersebut.

Tetapi sebenarnya kita bisa  membuat, para wartawan tersebut menulis ulang aktivitas kita atau berbagai hal yang terjadi pasca aktivitas tersebut.

Bahkan, kadang kita bisa membuat berbagai media melakukan pemberitaan, jauh sebelum event yang sebenarnya dimulai.

Biasanya perusahaan akan membuat sebuah teaser ad  atau teaser campaign, dengan tujuan memancing rasa penasaran dari publik yang disasar.

Rasa penasaran seringkali bisa mencuatkan berbagai lontaran opini dan pertanyaan ke media umum atau media sosial.

Dengan trik-trik tertentu, kita bisa lebih mencuatkan keramaian tersebut, sehingga bisa memancing awak media untuk memberitakan kembali kondisi tersebut.

Keramaian yang terjadi tersebut, asal asih dalam kendali kita, maka akan bisa memancing rasa ingin tahu banyak orang.

Kondisi ini jika dibarengi dengan proses edukasi terselip, akan bisa menciptakan konsumen baru dlam jumlah cukup banyak.

Hal yang harus kita perhatikan adalah, proses semacam ini harus benar-benar kita perhitungkan, karena seringkali tidak bisa dikendalikan, baik cakupan maupun arah pembicaraan.

Jika cakupan mungkin tidak akan menjadi masalah, hal berbeda jika inti pembicaraan mengarah ke hal yang salah, yang merugikan bisnis kita.

Kita harus cepat-cepat melakukan klarifikasi, agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan bisnis kita.

#7 : Membangun Network

Mendapatkan Pelanggan dengan Networking

Tidak dapat dipungkiri, jaringan atau network merupakan salah satu modal dasar dalam berbisnis.

Bahkan banyak orang yang pada akhirnya sukses, dan memiliki bisnis yang besar, yang diawali dengan banyaknya network yang dimilikinya atau kepiawaianya membangun jaringan.

Bahkan ada beberapa jenis bisnis yang bisa berkembang hanya dengan mengandalkan kekuatan jaringan yang baik.

Sedemikian besarnya peranan dari sebuah jaringan, itulah sebabnya banyak perusahaan berusaha untuk terus mengembangkan berbagai bentuk dan model jaringan yang dimilikinya.

Ada banyak cara untuk membangun jaringan ini, seperti aktif dan berpartisipasi dalam berbagai even yang relevan dengan bisnis kita.

Menghadiri dan atau ikut aktif dalam berbagai exhibition, atau berbagai trade event.

Aktif dalam berbagai organisasi atau asosiasi bisnis lokal, atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis yang kita kelola.

Dengan aktif dalam berbagai kegiatan diatas, bukan tidak mungkin kita akan mampu medatangkan calon konsumen atau calon pelanggan yang yang lebih banyak lagi.

#8 : Saluran Penjualan dan Pemasaran Baru

Cara ini termasuk yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan, yaitu mengembangkan saluran penjualan dan pemasaran baru.

Sebuah bisnis sudah seharusnya memiliki strategi pengembangan saluran penjualan dan pemasaran, baik untuk yang sudah ada maupun dengan cara mencari saluran yang baru.

Dengan membuka saluran penjualan dan pemasaran, maka bisnis kita akan mendapatkan banyak calon konsumen dan calon pelanggan baru.

Tools & Templates

Kita bisa membuka saluran baru dalam bentuk offline, atau yang secara phisik ada dan kelihatan.

Bisa juga dengan membukan saluran penjualan dan pemasaran secara online.

Dalam dunia internet atau online, kita akan menemukan banyak sekali saluran penjualan yang bisa kita explore, meski hanya menggunakan satu media.

Baca juga :

Customer Care – Pentingnya Layanan Pelanggan bagi UKM

Customer Retention – Untuk Meningkatkan Repeat & Loyalitas Pelanggan

Customer Value Propositions – Pengertian dan Penyusunan CVP secara Sederhana

Kesimpulan

Sebuah bisnis harus memiliki pelanggan atau konsumen tetap, dan agar bisnis bisa berkembang, salah satu caranya adalah dengan mengembangkan pelanggan kita atau menambah jumlah konsumen kita.

Untuk mendapatkan calon konsumen baru atau pelanggan baru ada banyak cara, diantaranya adalah :

  • Memahami dan mengenali pelanggan kita, agar kita bisa menemukan mereka.
  • Menggunakan program referensi atau referral dari pelanggan lama, terutama mereka yang loyal dan memiliki indeks kepuasan pelanggan tinggi.
  • Perhatikan company image dan brand image bisnis kita, karena keduanya adalah lead magnet yang sangat kuat.
  • Kadang kembali ke model kampanye klasik bisa mendatangkan banyak pelanggan atau konsumen baru, jadi jangan anti dengan kampanye model lama (back to basic).
  • Dalam kondisi apapun, kampanye harus tetap berjalan, apalagi jika momennya mendukung, jangan pernah buang kesempatan tersebut, meski anggaran terbatas, karena ada banyak model kampanye dengan budget minimalis.
  • Viralitas atau menciptakan sesuatu yang menjadi bahan pembicaraan publik bisa mendatangkan banyak konsumen baru, asal terkendali dan tetap berada dijalur yang kita inginkan, jadi kita bisa  membuat aktivitas yang layak berita.
  • Membangun network, tentu bisa mendatangkan banyak calon konsumen baru atau pelanggan baru, itulah sebabnya kita harus aktif dalam berbagaii event atau asosiasi yang relevan dengan bisnis kita.
  • Membuka saluran penjualan dan pemasaran baru juga akan mendatangkan calon konsumen baru bagi bisnis kita, dan cara ini harus dikerjakan oleh semua jenis bisnis yang ingin berkembang.

Apakah hanya itu cara untuk mendatangkan calon konsumen atau pelanggan baru?,

Tentu saja tidak, masih ada banyak cara-cara lain yang bisa kita tempuh, tergantung dari kondisi dalam bisnis kita serta strategi yang hendak ditempuh bisnis tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Distribusi Pemasaran Dotcom, semoga Anda mendapatkan manfaat.

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

Picture : Freepik

Leave a Comment