Impian Adalah Arah, Tindakan Adalah Kekuatan Untuk Mewujudkannya

IMPIAN dan TINDAKAN

Hampir setiap orang pasti punya impian, entah seperti apa bentuk impian itu, ada yang sederhana, ada yang rumit, namun ada juga yang memimpikan sesuatu mustahil, suatu impian yang belum pernah ada sebelumnya.

Banyak yang bisa dan mampu mewujudkan mimpi tersebut, dalam waktu yang relatif cepat, namun ada juga yang butuh waktu yang relatif panjang untuk mewujudkannya, dan itupun dengan upaya dan kerja keras tiada henti, tapi banyak juga yang setelah sekian lama, masih juga bermimpi, masih terlelap dengan mimpinya.

Ternyata hanya sedikit orang yang mampu merubah mimpinya menjadi kenyataan, dan merekalah para pemenang itu, merekalah yang mampu menaklukan ganasnya kehidupan yang menderanya dan memenangkannya.

Memang akan selalu ada hambatan, rintangan dan kesulitan saat kita berupaya mewujudkan impian itu, tapi tanpa adanya upaya dan tindakan nyata dan bersungguh-sungguh maka mimpi-mimpi itu lambat laun hanya akan menjadi impian saja.

Saat kita punya impian, harusnya itu adalah motivasi yang sangat besar bagi kita untuk mengambil tindakan nyata, untuk membuat kita bekerja keras, dan kerja keras akan merubah dan membuat kita semakin dekat dengan wujud nyata dari mimpi itu.

Bertindak dan bekerja yang nyata akan membuat kita berpikir kreatif, menguatkan diri kita untuk terus belajar dan mampu menciptakan alternatif dan langkah-langkah efektif berikutnya.

Di kehidupan ini, dalam kaitannya dengan memiliki impian dan melakukan tindakan nyata, akan ada empat type orang dalam menyikapi dan maenjalaninya hidupnya, yaitu :

Type # 1 : Tidak Punya Impian, Tidak Bertindak Nyata

Type pertama adalah mereka yang tidak punya impian, dan tidak ada tindakan nyata dalam hidupnya, karena tidak punya impian, maka orang ini tidak ada kemauan untuk belajar.

Tidak ada tindakan nyata, artinya orang ini menjalanai hidupnya ala kadarnya, seperti mengikuti aliran air saja, kemana air mengalir, kesitu orang itu melangkah, kehidupan orang ini tanpa tujuan, tanpa semangat.



Inilah yang menjadi pilihan orang-orang yang gagal, orang- orang yang tidak pernah mau belajar, orang-orang yang tidak punya impian, orang-orang yang tidak pernah serius dalam menjalani hidupnya dan celakanya orang dengan type pertama ini cukup banyak.

Type # 2 : Punya Impian, Tapi Tidak Pernah Bertindak Nyata

Type kedua adalah mereka yang punya impian, tetapi tidak pernah bertindak nyata, karena punya impian, orang ini mencoba untuk belajar, belajar dan belajar.

Dalam hidupnya orang type kedua ini, memiliki banyak impian, dia ingin menjadi sesuatu yang berbeda, bahkan dia banyak sekali mencari tahu seputar impiannya itu.

Inilah tipe orang yang senang mengumpulkan serta menyerap berbagai macam konsep dan ilmu, tetapi sayangnya orang type ini tidak pernah berani mengambil tindakan nyata, karena semua tindakannya selalu di analisa, begitu melihat resiko didalamnya, ia akan menunda tindakan yang seharusnya di eksekusi itu.

Jadi sepanjang hidupnya orang ini hanya bercerita tentang harapannya, tentang semua impiannya dan tentang bagaimana hebatnya semua yang ada dalam impiannya tersebut, tetapi secara real orang ini tidak banyak berkembang.

Dan orang dengan type ini biasanya jika melihat orang lain bisa bertindak, sementara dia tidak, maka dia selalu mencari alasan dengan membandingkan situasinya yang berbeda, kondisinya yang berbeda, jadi dia akan selalu bilang jika aku punya ini maka aku akan begitu, demikian seterusnya selalu menggunakan alasan unutk membenarkan tindakannya. Menyalahkan orang lain atau situasi yang lain, menghindar dan mancari kebenaran untuk menutupinya.

Orang type ini merasa telah tahu segalanya, dan banyak memberi kritikan ke orang lain, merasa dirinya hebat, karena tidak pernah jatuh. Yaa,,, memang tidak pernah jatuh, tetapi dia juga tidak pernah naik , dan memang tidak akan pernah jatuh, karena memang tidak pernah bertindak untuk mewujudkan impiannya.

Type # 3 : Tidak Punya Impian, Tetapi Banyak Melakukan Tindakan

Type ketiga adalah orang yang tidak punya impian, tetapi banyak melakukan tindakan, orang type ini biasanya hidup dalam dunia realita, orang type ini tidak banyak teori, tidak banyak bermimpi, tetapi dia punya keyakinan bahwa semua yang ada dihadapannya harus dihadapi dan dikalahkan, jadi dia akan berusaha untuk selalu menjadi pemenang.

Orang type ini, memiliki warna kehidupan yang begitu banyak. Karena orang type ini begitu menginginkan sesuatu, dia langsung bertindak dengan sunguh-sungguh dan semua dikerjakan sampai tuntas, dia tidak akan berhenti jika belum selesai, dan bangun dan bangun lagi jika gagal.

Dia lebih suka mencoba sesuatu seribu kali dari pada menyerah pada kegagalan. Itulah sebabnya orang type kaya akan pengalaman, karena telah mengambil tindakan yang begitu banyak.

Dan karena begitu banyak tindakan yang sudah dilakukannya, maka orang ini memiliki banyak pengalaman yang akhirnya mengajarinya pada suatu konsep yang bisa membetuk impiannya.

Tindakan yang dilakukan secara terus-menerus akan membentuk pola, jadi orang type ini akhirnya memiliki pola, dia tahu jika polanya salah maka akan membuat kegagalan dan orang yang berhasil memiliki pola tertentu, atau dengan pola tertentu maka seseorang akan berhasil melakukan sesuatu.

Kelemahan orang type adalah, dia akan banyak mengalami kegagalan, tapi dia selalu bangkit, dia akan banyak mengalami rasa sakit, tapi tidak pernah menyurutkannya untuk bertindak.

Orang type ke tiga ini adalah orang yang dalam hidupnya penuh dengan warna dan pengalaman.

Type # 4 : Punya Impian, dan Melakukan Tindakan Nyata

Type ke empat ini adala orang yang memiliki impian yang besar, dan berusaha untuk mempelajari semua mimpinya tersebut, kemudian segera melakukan tindakan berdasar hasil belajarnya.

Seringkali orang type ini belum sempurna dalam memahami mimpi besarnya, belum sempurna dalam mempelajari konsepnya, tapi dia yakin akan kebenaran mimpi besarnya, dan dia langsung mengambil tindakan.

Kadang orang type juga jatuh dan sakit, tetapi tidak sebanyak orang type ke tiga, karena dia punya tujuan yang pasti, yaitu mimpi besarnya, mimpi besarnya inilah yang memberinya motivasi yang sangat kuat dan memberi arah kemana dan bagaimana dia harus melangkah.

Orang type ini tidak banyak impiannya tetapi mimpinya adalah mimpi yang besar, satu mimpi yang kadang bisa mengubah banyak orang jika terwujud. Satu mimpi yang bisa merubah banyak hal setelah terwujud. Bahkan satu mimpi yang bisa mengubah peradaban manusia jika terwujud.

Inilah type dari orang-orang besar yang bukan saja sukses, tetapi tindakan dan hasil karyanya banyak memberi inspirasi banyak orang, dan beberapa dari orang type keempat ini banyak merubah wajah dunia.

Sekarang kita mau berada di type mana ?, apakah mau jadi orang tanpa punya harapan, keinginan dan impian, dan juga tanpa pernah mengambil tindakan nyata dalam hidupnya :?!.

Atau menjadi orang yang punya mimpi dan harapan tapi tidak pernah mengambil tindakan nyata, tidak pernah berusaha mewujudkan mimpi tersebut secara real, tapi membiarkan mimpi itu sebatas wacana, keinginan, selalu nge-blame situasi yang ada, dan hidupnya dipenuhi jikalau, jikalau dan jika, jika yang lain?!!.

Atau mungkin kita adalah orang yang tidak banyak punya impian, tapi kita selalu bertindak dengan cepat, tanpa banyak berfikir bagaimana dan kemana arah tindakan itu. Yang penting bertindak dulu, kalau gagal atau tidak sesuai dipikir kemudian.

Atau mungkin kita punya impian yang besar, impian yang akan mengubah hidup kita, atau hidup banyak orang, dan sekarang kita sedang dalam upaya atau tindakan untuk mewujudkanya ?!!!.

Terima kasih sudah mampir di “blog Distribusi Pemasaran” ini, blog yang membahas seputar distribusi, penjualan, komunikasi, pemasaran dan pelayanan praktis.

Yuk buat impian yang besar, terus kita wujudkan dengan tindakan yang nyata, dengan segenap jiwa raga kita, demi hari esok yang lebih mulia dan  bermakna.

Kekuatan sebuah impian juga saya bahas di artikel “Berani Punya Mimpi ?, Wujudkan Mimpimu Dalam 5 Langkah Ini”

Baca juga :

 

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

 

 

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*