Marketing Communication

Public Relation sebagai Media Komunikasi Pemasaran

vPublic-Relation

PUBLIC RELATION

Public relation adalah aktivitas dari manajemen hubungan baik dan komunikasi (communication & relationship management) untuk membangun dan menciptakan citra positif perusahaan dan merek produk di mata publik atau konsumen secara umum.

Secara umum, komunikasi dalam hubungan masyarakat (public relation) memiliki cakupan yang lebih luas dari pada komunikasi yang berfokus pada pasar (market), distribution channel dan customers.

Secara umum, public relation melakukan komunikasi dengan beberapa kelompok masyarakat dengan tujuan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif, kemudahan untuk melakukan aktivitas pemasaran dan kegiatan lain dari perusahaan.

Perusahaan harus memahami pentingnya pihak lain, pemerintah atau para pemangku kepentingan yang lain, selain supplier, saluran distribusi dan konsumen.

Perusahaan adalah salah satu entitas bisnis yang keberadaannya bisa terancam jika para pemangku kepentingan ini tidak memiliki persepsi positif terhadap perusahaan dan merek produk serta aktivitas yang dikerjakan perusahaan.

Jadi dari sini terlihat, betapa penting untuk menciptakan kesan dan citra positif bagi masyarakat umum dan para pemangku kepentingan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas hubungan masyarakat secara umum dalam kaitannya dengan program komunikasi yang meliputi :

  • Tujuan dan fungsi public relation
  • Strategi public relation
  • Kiat membangun relation dengan media

 

# 1 : Tujuan dan Fungsi PR

# 1.1 : Tujuan Public Relation

Berikut adalah tujuan public relation secara umum, yaitu :



  1. Menciptakan citra positif dari perusahaan beserta atributnya kepada eksternal publik atau masyarakat umum dan konsumen.
  2. Menciptakan saling pengertian antara perusahaan, merek produk dengan publik dan para pemangku kepentingan.
  3. Mendapatkan dukungan atas semua aktivitas operasional dan pemasaran baik dari perusahaan maupun merek produk.

 

# 1.2 : Fungsi Public Relation dalam Pemasaran

Public relation atau humas (hubungan masyarakat) merupakan salah satu alat pemasaran yang bisa melakukan evaluasi atas persepsi, sikap dan pandangan masyarakat umum / publik dan konsumen umum maupun khusus (segment), atas semua aktivitas dan kebijakan perusahaan atau merek produk, untuk kemudian melakukan serangkaian aktivitas yang diperlukan agar tercipta citra yang positif.

Serangkaian aktivitas inilah yang sering kita sebut sebagai pemasaran humas atau marketing public relation (MPR) yang memiliki tugas khusus untuk menciptakan citra positif (tertentu) tentang aktivitas pemasaran, kebijakan atas merek produk, kebijakan atas distribusi produk dan lain aktivitas yang berhubungan dengan pemasaran, distribusi dan komunikasi.

 

# 2 : Strategi Public Relation

Bagaimana pandangan publik atau masyarakat umum dan konsumen terhadap merek produk kita ?, ini adalah pertanyaan dasar dan penting ketika kita membangun strategi hubungan masyarakat (humas – public relation).

Ada banyak hal yang  harus dipertimbangkan daripada bagaimana perusahaan dan merek produk kita akan di gambarkan oleh media secara umum.

Cara kita berkomunikasi, baik didalam maupun diluar organisasi perusahaan, semua event yang kita kerjakan dan kita rencanakan, keterlibatan kita dalam berbagai komunitas, dan bahkan bagaimana kita menangani permasalahan, krisis yang terjadi akan membentuk strategi hubungan masyarakat (public relation) kita.

Berikut adalah beberapa hal penting dalam strategi public relation untuk membentuk citra merek produk dan perusahaan kita.

 

# 2.1 : Komunikasi Perusahaan (Corporate communication)

Bagaimana perusahaan melakukan komunikasi dengan entitas bisnis yang lain, perusahaan yang lain baik internal maupun eksternal adalah bagaimana perusahaan di persepsi atau digambarkan.

Strategi komunikasi perusahaan (corporate communication) adalah center dari strategi public relation secara keseluruhan perusahaan kita.

Jadi public relation dalam mengkomunikasikan pesan penting yang harus dipahami oleh audience adalah ekspresi dari suara merek produk perusahaan yang juga dikemas dalam corporate communication strategy.

Sebagai contoh, ketika ada internal email atau siaran press release yang mengumumkan berita atau pesan penting, itu sejatinya adalah bagian dari corporate communication strategy.

 

# 2.2 : Media Relations (Hubungan dengan Media)

Media relations adalah hubungan yang ada antara perusahaan, merek produk dengan pers secara umum.

Dengan tujuan agar berhasil dalam membangun hubungan (media relation) dengan contact person yang tepat untuk setiap berita yang dikeluarkan agar relevan dan memastikan perusahaan serta merek produk digambarkan dengan baik oleh media.

Setiap kali perusahaan dan merek produk memiliki event, acara dan kegiatan apapun yang layak berita dan baik untuk diberitakan, maka kita dapat menghubungi dan mengirimkan siaran pers (press release) ke contact person ini.

Press release adalah sumber berita yang membuat / menciptakan hubungan simbiotik antara perusahaan atau merek produk dengan media.

 

# 2.3 : Hubungan Masyarakat (Community Relations)

Perusahaan dan bisnis kita adalah bagian dari komunitas kita, hubungan komunitas (community relations) membangun kehadiran bisnis perusahaan kita dan persepsi masyarakat umum.

Untuk bisa terlihat dalam komunitas, ada banyak cara, diantaranya adalah dengan terlibat dalam berbagai program komunitas yang berfokus pada pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi, pendidikan, kesehatan masyarakat dan lingkungan umum.

 

# 2.4 : Bangun CSR (Corporate Social Responsibilty)

Untuk saat ini, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) ini.

Dimana program ini adalah untuk membantu melakukan pemeliharaan sosial dan tempat disekitar wilayah operasional perusahaan, program dengan tujuan untuk kelangsungan lingkungan di sekitar perusahaan berada.

Dengan program yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, maka perusahaan dapat membangun ikatan emosional masyarakat dengan perusahaan dan merek produk kita.

 

# 2.5 : Manajemen Krisis (Crisis Management)

Bagaimana kita menghadapi situasi yang tak terduga atau krisis yang bisa mengancam operasional perusahaan dan bisnis kita.

Manajemen krisi menciptakan serangkaian rencana taktis yang memungkinkan perusahaan tetap beroprasi senormal mungkin, serta mampu melalui krisis serta mampu mempertahankan  citra positif perusahaan dan merek produk kita.

Agar situasi tetap terkendali, sangat penting untuk tetap melakukan komunikasi baik internal maupun eksternal.

Bahkan pada situasi yang sangat genting atau kondisi yang sudah tidak bisa dikendalikan, selalu ada strategi untuk jalan keluarnya.

 

# 2.6 : Event Management (Manajemen Acara / Aktivitas)

Sebuah acara / event dalam bisnis perusahaan juga merupakan alat pemasaran yang cukup baik untuk mengenalkan nama perusahaan, bisnis dan merek produk.

Sebuah event memiliki banyak kelebihan dan kekuatan untuk menyampaikan pesan melalui banyak cara / media, mulai dari teks banner, pajangan produk, adlib dari MC, jingle, dan pengalaman pengunjung dengan sekian acara yang ada didalam event tersebut.

Jadi, rencanakanlah event perusahaan sebaik mungkin, mulai dari kapan pemilihan waktu yang tepat, tempat yang sesuai dan menggabarkan sesuatu, siapa saja tamu VIP dan VVIP yang akan hadir, siapa yang masuk undangan umum,dan bagaimana acara akan digelar.

Buat rencana yang strategis dan detail, agar semua bisa berjalan lancar serta obyektif utama daderivatifnya bisa tercapai dengan maksimal.

 

# 3 : Beberapa Kiat untuk Membangun Relations dengan Media

Sebagian besar dari program pemasaran yang efektif berkisar seputar publisitas, yang meningkatkan kesadaran merek produk kita, memperkuat kredibilitas profesional kita dan menyediakan sumber daya yang tak ternilai untuk crisis management yang sukses.

Karena hubungan media yang kuat, bagaimanapun juga, lebih dari sekedar nama baik atau terkenal di masyarakat umum diluar sana.

Membuat rencana hubungan media yang sukses, dapat memberikan keunggulan merek produk kita di pasar, yang dimulai dari menentukan dasar untuk platform bisnis perusahaan yang kuat dan solid, sebelum masuk ke media.

Berikut beberapa panduan untuk membuat hubungan baik dengan media :

 

# 3.1 : Tentukan Tujuan Strategis

Tentukan tujuan strategis / utama dari media relation yang hendak dicapai, apakah akan memgenalkan atau membagun brand awareness, mendorong penjualan, menciptakan prospek atau yang lainnya.

Kemudian siapa yang menjadi target audience kita, siapa saja yang hendak kita jangkau, bagaimana mereka melihat merek produk kita, dan seterusnya.

 

# 3.2 : Ciptakan Berita dan Share It

Berita bisa banyak hal, bisa informasi terbaru dari merek produk kita, aktivitas dan event, project, atau yang lainnya yang memang layak untuk dimuat di media dan bisa menjadi perhatian.

Semua berita yang kita bagikan haruslah terkait dengan persepsi dari audience tentang merek produk kita, dan sampaikan pesan yang konsisten dan fokus.

Kita juga bisa membuat berita yang bagus di halaman blog, atau situs portal perusahaan yang memang didedikasikan untuk konsumsi umum.

Posting berita yang menarik akan membuat media mengutip dan menarik minat mereka untuk wawancara lebih lanjut.

 

# 3.3 : Terbuka untuk Komunikasi Lebih Lanjut

Ingat, awak media adalah orang yang juga sibuk, dan bahkan kesibukan yang mereka miliki bisa membuat berita tentang perusahaan kita hilang atau terlupakan atau mungkin akan terpending cukup lama, bukan karena wartawan terbut lupa, tapi bisa jadi berkat kita yang terselip, jadi siapkan diri kita untuk komunikasi ulang atau lanjutan jika diperlukan.

Dan satu lagi, sifat sebuah berita adalah akan memuat sesuai dengan kapasitas media tersebut dalam urutan atau skala prioritas dari seberapa menarik dan seberapa layak sebuah berita untuk dimuat, jadi bisa jadi awak media akan menelpon ulang untuk mendapatkan penekanan dan konfirmasi untuk menegaskan sebuah berita agar lebih layak tayang.

Dan jangan lupa untuk selalu menyertakan kontak media utama kita, kapanpun kita men-share atau mem-posting sebuah berita, agar mereka mudah mengubungi kita.

Sertakan juga beberapa latar belakang atau alasan sebuah acara digelar, informasi mengenai latar belakang ini akan membantu menciptakan konteks yang lebih baik dan lebih menarik.

 

# 3.4 : Tips Sesi Wawancara

Saat sesi wawancara, harus diingat untuk menyampaikan pesan dan pembukaan yang selaras dengan merek produk perusahaan, sekaligus obyektif yang hendak dicapai dari topik wawancara tersebut.

Akan lebih baik jika kita memegang semua point-point berita yang sudah kita share dan yang akan kita share yang terkait, agar tidak terjadi distorsi atau arah pembicaraan yang berbeda.

Usahakan untuk tidak melakukan wawancara spontan, buatlah janji untuk sesi wawancara khusus, hal ini untuk menberi kita waktu untuk sedikit menyipakan berkas yang penting, mana yang harus dishare, mana yang harus diklarifikasi dan mana yang harus di keep.

Jika memungkinkan, harus ada bagian yang melakukan kontak dengan pihak luar, tentu saja mereka adalah bagian humas / public relation yang sudah dilatih dan terlatih untuk menjawab dengan cepat dan tepat setiap pertanyaan tanpa emosi dan tidak terpengaruh untuk berbicara diluar kapasitasnya.

Humas atau public relations adalah salah satu elemen komunikasi pemasaran dan bagian dari promotion mix. yang terdiri dari direct marketing, personal selling, advertising, public relation & publicity dan sales promotion.

Bentuk komunikasi dan promosi yang lain adalah direct marketing, yang merupakan strategi jitu untuk menciptakan penjualan dan pemasaran.

Selain itu ada juga bentuk promosi dan komunikasi yang menggunakan pendekatan penjualan langsung, atau personal selling, aktivitas komunikasi pemasaran yang menjual.

Selain menggunakan direct marketing dan personal selling, bentuk komunikasi pemasaran yang menciptakan penjualan adalah brand activation.

Demikian pembahasan kita mengenai public relation, media komunikasi pemasaran, terima kasih sudah mampir di blog Distribusi Pemasaran dotcom ini, semoga bermanfaat.

 

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

 

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini
Tagged , , , , , , ,

14 thoughts on “Public Relation sebagai Media Komunikasi Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.