Sales Promotion Girls – Pengertian, Fungsi dan Tugas (Jobsdesk) SPG

Sales-Promotion-Girls

SALES PROMOTION

Saat kita berjalan-jalan di mall, supermarket atau sebuah pameran, pasti kita akan menjumpai para gadis cantik dengan seragam tertentu yang tersenyum ramah menyapa dan menawarkan sesuatu.

Mereka adalah sales promotion girls, yang akrab kita sebut sebagai SPG.

SPG atau Sales Promotion Girls adalah wakil perusahaan dan wakil merek, karena keberadaan mereka yang selalu bersama-sama dengan produk yang diwakili dan mereka adalah team yang bersentuhan langsung dengan konsumen akhir (end user).

Ya, SPG ini pasti banyak berada ditempat-tempat keramaian, mereka akan membantu kita menjelaskan kegunaan sebuah produk, manfaatnya dan mencoba menawarkan produk tersebut.

Pengertian Sales Promotion Girls – SPG

Jika kita artikan secara langsung, SPG adalah para gadis yang melakukan promosi dan penjualan sebuah produk, baik berbentuk barang maupun jasa.

Sales Promotion Girl atau SPG adalah salah satu pendukung pemasaran suatu produk, oleh karena itu perlu untuk mengiklankan suatu produk sehingga menarik konsumen, selain itu, fungsi promosi seorang gadis promosi (SPG) dapat memberikan berbagai informasi tentang produk (Nitisemito, 2001)

Ya benar, SPG adalah salah satu pendukung pemasaran suatu produk, untuk mengenalkan dan atau memberi penjelasan lebih lanjut mengenai sebuah produk, fungsi produk dan berbagai kelebihan yang dimiliki produk tersebut, serta apa manfaat yang bisa didapat konsumen dengan menggunakan produk tersebut, kemudian mempengaruhi atau membantu konsumen mengambil keputusan pembelian produk tersebut.

Sales Promotion Girl – SPG adalah salah satu pendukung pemasaran, dalam pemasaran ada beberapa elemen, diantaranya adalah komunikasi (pemasaran) dan promosi penjualan.

SPG menjalankan fungsi tersebut, yaitu melakukan komunikasi pemasaran, dengan menyampaikan berbagai pesan yang hendak dideliver ke konsumen, sesuai dengan tujuan atau objective keberadaan SPG tersebut.

Untuk produk baru, biasanya objective SPG team adalah mengenalkan merek produk dan memberikan edukasi ke konsumen tertarget.

Untuk push penjualan, biasanya ada pada produk yang sudah eksis, tugas SPG adalah meningkatkan volume penjualan (menghabiskan stok di outlet-outlet yang menjadi tanggung jawabnya), dengan cara menpengaruhi konsumen dengan berbagai program promosi penjualan yang sedang berjalan.

Demikian seterusnya, karena ada banyak sekali fungsi dari pembentukan SPG team ini.

SPG mengenalkan dan memberi penjelasan lebih lanjut tentang sebuah produk, fungsi dan manfaatnya bagi konsumen.

Disini SPG merupakan alat bantu pemasaran, untuk menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan sebuah merek produk, termasuk fungsi dasar dan berbagai fungsi tambahan atau kelebihan yang dimiliki produk tersebut, plus berbagai manfaat yang diperoleh jika konsumen menggunakan merek produk tersebut.

Berarti SPG juga harsu siap menerima komplain atau keberatan dari konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut atau dalam kategori tersebut, sekaligus memberikan justifikasi yang membedakan merek produk tersebut dengan merek kompetitor.

Terakhir SPG adalah alat bantu pemasaran dan penjualan untuk memberikan dorongan agar konsumen bisa mengambil keputusan pembelian terhadap merek produk tersebut.

Jadi SPG adalah salah satu alat bantu pemasaran (pengertian alat disini jangan diartikan benda atau didefinisikan negatif) yang berbentuk team dengan tugas promosi dan penjualan dalam artian khusus (sesuai tujuan / objective).

Sebagai alat bantu pemasaran, tidak saja diambil dari sisi tugas mereka, dari uniform dan keberadaan mereka (terutama saat ada event, exibition, blitzh, dll.) sudah melakukan aktivitas pemasaran.

Uniform dari SPG ini akan selalu merefleksikan atau mewakili merek dan perusahaan mereka, dan kadang plus tema yang sedang diusung dalam aktivitas tersebut.

Dan yang lebih penting, SPG atau Sales Promotion Girls adalah wakil perusahaan dan wakil merek, karena keberadaan mereka yang selalu bersama-sama dengan produk yang diwakili dan mereka adalah team yang bersentuhan langsung dengan konsumen akhir (end user).

SPG, sales promotion girls identik dengan para gadis yang melakukan promosi dan penjualan, meski saat ini ada sales promotion team yang bergender laki-laki, yang dikenal sebagai SPB, sales promotion boys.

Sales Promotion Girls – SA Gaming

Fungsi Pembentukan Team SPG

Secara umum fungsi SPG ada dua yaitu :

  • Melakukan promosi suatu merek produk.
  • Membantu melakukan penjualan suatu produk, dengan merek tersebut.

Melakukan Promosi Merek Produk

Pada fungsi ini, SPG akan mengemban tugas pemasaran, yaitu melakukan komunikasi pemasaran dengan dan dalam berbagai bentuknya.

Komunikasi pemasaran yang dilakukan ada berbagai macam, tergantung dari tujuan pembentuan team SPG, seperti :

Untuk mengenalkan produk baru / merek produk baru (new product launching), disini SPG akan menjelaskan tentang :

  • Kategori produk tersebut, (product knpwledge secara umum).
  • mengenalkan fungsi produk tersebut,  (product knowledge secara detail, yang mengarah ke berbagai permasalahan dan solusinya).
  • mengenalkan merek produk tersebut, (sebagai pendatang baru yang memberikan solusi).
  • menunjukkan berbagai kelebihan dari merek produk tersebut, (differensiasi, keunggulan kompetitif, jika mungkin gunakan umbrela brand atau corporate image).

Aktivitas tersebut seringkali dilakukan dengan menggunakan berbagai alat dan media pemasaran seperti alat peraga, produk peraga, brosur, flyer, video, dll.

Untuk mengenalkan produk lama yang sudah diremajakan (rejuvenated product / relaunching), disini SPG akan menjelaskan tentang :

  • menunjukan berbagai kelebihan dan keunggulan produk beserta apa yang membedakannya dari merek produk yang lain.
  • Menunjukan atau memberikan alasan mengapa konsumen ‘wajib’ membeli produk (merek) tersebut, karena memang produk dengan merek tersebut sangat layak untuk dibeli.

Sama dengan diatas, aktivitas tersebut harus dibarengai dengan berbagai peralatan dan perlengkapan pemasaran, yang dikombinasikan dengan demo produk baik secara langsung maupun tidak langsung (via video / peraga).

Membantu Melakukan Penjualan Suatu Produk (dengan Merek tersebut)

Seringakali ini menjadi perdebatan, SPG itu tugasnya promosi apa penjualan?

Mayoritas akan memjawab promosi, hanya melakukan promosi saja.

Kalau jawaban saya tergantung, kembali ke tujuan pembentukan team SPG itu sendiri apa.

Untuk acara peluncuran produk baru, pasti fungsi SPG akan fokus ke aktivitas pengenalan produk, memperjelas berbagai hal (PK) yang berhubungan produk, dan menyampaikan pesan dari produk tersebut.

Untuk tahap lebih lanjut, SPG berusaha memberikan konsumen sebuah pengalaman dengan merek produk tersebut (customer experience), sembari memberi edukasi akan berbagai benefit yang didapatkan tersebut.

Sedangkan fungsi membantu melakukan penjualan biasanya ada pada aktivitas SPG secara reguler di titik-titik penjualan atau outlet yang menjadi tanggungjawabnya.

SPG ini biasanya disebut sebagai SPG reguler, yang bertugas sama setiap hari kerja untuk mempromosikan (menggunakan media komunikasi pemasaran dan promosi penjualan) dan mendorong terjadinya penjualan.


Salah satu cara untuk meningkatkan Kinerja Sales & Marketing Team adalah dengan Metrik dan Analisa Kinerja, yang terangkum dalam

Key Performance Indicator (KPI) & Reporting Standards

Kami menyediakan beberapa Sales & Marketing Tools dan Templates spt :

KPI - REPORTING STANDARDS - BUSINESS PRESENTATION - SOP - dll.


Beberapa alasan atau dasarnya adalah :

  • Merek produk secara umum sudah dikenal, (branded product), fungsi SPG melakukan push penjualan menggunakan promosi penjualan yang sedang dijalankan.
  • Merek sudah dikenal, tugas SPG menjalankan program promosi penjualan, disini ada kepentingan promosi, dan biasanya untuk meningkatkan loyalitas konsumen.
  • Merek belum terkenal, tugas SPG mengenalkan produk dan mendorong / menciptakan penjualan (customer experience) dengan berbagai program yang ada.

Tugas atau Jobdesk SPG

Diatas sudah disinggung sedikit mengenai tugas atau jobs description dari Sales Promotion Girls – SPG ini, saat kita membahas mengenai pengertian SPG tersebut.

Tugas atau jobsdesk dari SPG team sangat beragam, tergantung dari tujuan pembentukan team tersebut.

Berikut kita coba rangkum berbagai tugas / jobdesk umum dari Sales Promotion Girls – SPG team, yaitu :


Anda Salesman, Sales Supervisor, Sales Manager atau Business Owner ...

Membutuhkan Jasa Pelatihan dan Konsultasi dibidang Distribusi dan Pemasaran

Kami Menyediakan Program PELATIHAN dan KONSULTASI secara On-Line...!


  1. Membangun komunikasi dengan konsumen
    1. Menawarkan bantuan
    1. Menanyakan pendapat konsumen seputar kategori produk
    1. Menanyakan kesulitan / permasalahan konsumen seputar kategori produk
    1. Menanyakan konsumen apa harapan mereka dengan kategori produk tersebut
    1. Memberikan konfirmasi akan pendapat konsumen tersebut mengenai kategori produk dengan diberi batasan yang jelas
    1. >>> batasan harus masuk di point 2 atau 2c sd 2f.
  2. Memberikan penjelasan dan edukasi kepada konsumen
    1. Seputar kategori produk.
    1. Seputar (merek) produk (product knowledge) dengan lebih detail.
    1. Fungsi utama produk atau fungsi standar
    1. Fungsi tambahan atau fitur tambahan produk
    1. Perbedaan produk dibandingkan produk lain
    1. Keunggulan produk dibandingkan produk lain
    1. Dan lain-lain
  3. Memberikan solusi atas permasalahan konsumen (menawarkan (merek) produk)
    1. Melakukan penutupan penjualan, menggunakan teknik yang sesuai kondisi
    1. Melakukan up selling untuk meningkatkan penjualan
    1. Melakukan cross selling untuk meningkatkan penjualan, baik sebagai primary maupun secondary.
  4. Mendapatkan data konsumen / pengunjung / prospek
    1. Melakukan pendataan / mendapatkan data konsumen baru (sudah melakukan pembelian)
    1. Melakukan pendataan / mendapatkan data prospek (belum melakukan pembelian, tetapi berminat)
    1. Melakukan pendataan / mendapatkan data pengunjung (bukan prospek tetapi melakukan kontak / komunikasi)
  5. Melakukan aktivitas promosi dan komunikasi pemasaran
    1. Membagikan brosur produk
    1. Melakukan demo produk
    1. Membagikan sampel / sampling (produk dalam kemasan)
    1. Menunjukan program promosi ke konsumen (memastikan konsumen tertarget mengetahui program promosi tersebut)
  6. Melakukan demo produk
    1. Melakukan demo cara mengunakan produk atau  cara mengolah produk
    1. Mengajak konsumen untuk ikut serta dalam aktivitas demo tersebut (aktif atau pasif)
    1. Meminta konsumen untuk mencoba produk tersebut atau mencicipi produk tersebut (produk olahan)
    1. Membagikan sampel produk, bahan produk dll.
  7. Melakukan aktivitas merchandising
    1. Melakukan penataan / display produk sesuai arahan / planogram atau tema yang sedang diusung
    1. Memastikan tidak ada produk yang kosong dalam rak display (mengisi barang dari gudang outlet)
    1. Melakukan order produk sesuai ketentuan (batas minimal produk yang disesuaikan dengan facing share)
    1. Melakukan penataan semua material visual merchandising seperti POS material dan POP display
    1. Menjaga kebersihan produk dan material visual merchandising
  8. Melakukan aktivitas administrasi
    1. Mencatat semua penjualan (value dan volume) menggunakan form yang telah disediakan
    1. Mencatat perputaran barang, termasuk kode ED / tanggal kadaluarsanya
    1. Mencatat perputaran produk / penjualan kompetitor
    1. Mencatat program kompetitor
    1. Mencatat pendapat / masukan / komplain dari konsumen dan outlet
  9. Menjaga nama baik perusahaan dan merek produk

Untuk beberapa tipe SPG, mereka tidak melakukan aktivitas penjualan, tugas mereka hanya seputar menarik konsumen agar berkunjung ke stand.

Aktivitas penjualan akan diserahkan ke salesman (bagian penjualan) stand tersebut.

Hal semacam ini biasanya terjadi saat ada pameran, event, eksebisi atau sejenisnya, dimana perusahaan akan merekrut SPG sebagai untuk membantu menjalankan aktivitas promosi saja.

Baca juga :

7 Langkah Coaching yang Mampu Meningkatkan Performa SPG

7 Langkah Rekrutmen untuk Mendapatkan Team SPG yang Handal

Demikian pembahasan kita mengenai pengertian, fungsi dan tugas atau jobsdesk Sales Promotion Girls atau SPG.

Sebagai bagian dari team pemasaran dengan tugas utama melakukan aktivitas promosi penjualan, mereka harus dijaga sebagai aset perusahaan yang harus dikembangkan agar mampu memberikan kinerja yang maksimal.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Distribusi Pemasaran Dotcom, semoga Anda mendapatkan manfaat.

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

Picture : Exhibition-Girls.com



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*