Key Performance Indicators – KPI

Apa yang paling sering ditanyakan atau disampaikan dalam meeting dengan direksi?, apa yang membuat sebuah bisnis dikatakan berhasil atau apa yang menjadi motor pendorong sebuah bisnis agar sukses? dan apa pula yang bisa membuat Anda mendapatkan reward?

Ya…, kalau Anda menjawab angka penjualan atau pencapaian penjualan, maka jawaban Anda sama dengan saya, dan juga dengan sekian pebisnis dan profesional diluar sana.

Angka penjualan adalah topik yang sering menjadi perhatian utama dewan direksi, para pemegang saham dan para profesional dalam banyak bidang bisnis.

Untuk mendapatkan atau mencapai angka penjualan yang tinggi, sales team, bersama-sama dengan marketing team yang lain akan melakukan serangkaian effort dan menjalankan berbagai strategi bisnis dan pemasaran, seperti menyusun dan menjalankan berbagai strategi komunikasi pemasaran, promosi penjualan, strategi distribusi dan strategi-strategi lainnya.

Selain itu manajemen juga akan melakukan pengendalian terhadap biaya aktivitas pemasaran tersebut, untuk memastikan efektivitas strategi dan biayanya, sekaligus meningkatkan efisiensinya.

Bahkan manajemen harus memastikan juga, sales team, marketing team dan teams yang lain memiliki kompetensi serta skill sesuai standard, agar mampu menjalankan aktivitas dengan kinerja yang tinggi.

Untuk memastikan semua target atau objective tersebut bisa tercapai, maka manajemen harus menyusun serangkaian sasaran strategis dan menetapkan indikator-indikator kinerja sebagai tolok ukur keberhasilannya.

Saya yakin Anda sepakat, bahwa segala sesuatu yang dapat diukur, tentu dapat ditingkatkan.

anything you can measure, you can improve.

Demikian juga dengan serangkaian sasaran strategis yang telah disusun, haruslah diukur dan dimonitoring dengan menggunakan berbagai indikator kinerja utama – IKU atau key performance indicators – KPI.

KPI atau IKU ini akan berfungsi sebagai penunjuk arah, sebagai kompas agar membantu manajemen dan team untuk tetap fokus pada pencapaian target kinerja yang maksimal.

Saat ini masih banyak perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan pemasaran yang belum menerapkan IKU / KPI, baik sebagai sarana untuk mencapai target kinerja, maupun sebagai alat bantu manajemen (management tools) untuk melakukan penilaian kinerja karyawan / team.

Kebanyakan perusahaan tersebut hanya menggunakan penilaian pada aspek pencapaian target penjualan saja, plus aspek lain yang sering kali tidak berkorelasi langsung dengan objective perusahaan, unit, divisi atau departemen yang hendak dicapai, atau bahkan tergantung penilaian atasan yang kadang kurang obyektif.

Jadi bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja karyawan atau sales dan marketing team, yang ingin memiliki panduan untuk mencapai target dan yang ingin memiliki tolok ukur yang bisa digunakan untuk melakukan monitoring atas proses dan hasil, sangat penting untuk memiliki dan mengaplikasikan sistem KPI atau IKU ini.

Anda dan perusahaan Anda dapat memiliki KPI ini dengan cara menyusun sendiri, untuk semua divisi dan departemen dalam unit bisnis perusahaan.

Atau bisa juga dengan meminta bantuan konsultan untuk memandu atau menyusunkan KPI khusus untuk perusahaan Anda.

Selain dua cara diatas, Anda juga bisa membeli KPI yang sudah jadi, lengkap untuk semua posisi dan jabatan yang umum di perusahaan yang bergerak dibidang distribusi dan pemasaran.

Salah satunya adalah KPI dari Distribusi Pemasaran Dotcom, yang juga menyediakan Paket KPI – Distributor & Principal, untuk perusahaan yang bergerak dibidang distribusi dan pemasaran (distributor dan principal), yang bisa Anda dan perusahaan Anda gunakan sebagai referensi dalam penyusunan KPI, atau bisa langsung digunakan dengan sedikit penyesuaian dengan objective perusahaan Anda.

Dalam Paket KPI tersebut terdiri dari :

  1. Contoh struktur organisasi principal dan distributor secara umum, sebagai acuan atau gambaran penyusunan team.
  2. Daftar atau Katalog KPI untuk berbagai departemen dalam perusahaan distribusi dan pemasaran (distributor dan principal).
  3. Kamus penjelasan KPI / IKU dan formula untuk mendapatkan nilai KPI / IKU yang menyatu dengan Daftar KPI / Katalog KPI.
  4. Form KPI Monitoring, yang digunakan untuk melakukan monitoring atas proses (step / tahapan) dan hasil akhir dari sebuah target indikator kinerja utama (key performance indicator).
  5. Form untuk digunakan sebagai Performance Appraisal yang berbasis KPI / IKU.
  6. Form Action Plan & Review atas berbagai strategi yang disusun untuk mencapai target indikator kinerja, yang bisa digabungkan / disinkronkan dengan form Business Performance Review (BPR) sales-marketing team.

Sekali lagi, Anda bisa menggunakan KPI / IKU ini sebagai referensi untuk penyusunan KPI / IKU di perusahaan Anda.

Atau digunakan secara langsung, dengan sedikit penyesuaian dengan objective atau tujuan perusahaan Anda saat ini atau mungkin ada beberapa project yang harus mendapat perhatian khusus dan Anda berkenan untuk dimasukkan dalam KPI, minimal untuk pengisian bobot dan target tiap KPI.

Paket KPI ini kami bagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yang sebenarnya memiliki materi atau isi yang sama, hanya tingkat kelengkapan atau detailnya yang berbeda, yaitu :

  • KPI – A : KPI ini cukup lengkap dan detail.
  • KPI – B : KPI ini lebih standard, dengan kelengkapan dan detail dibawah KPI A.
  • KPI – C : KPI ini dibuat dengan sederhana, cocok untuk perusahaan kecil yang ingin menggunakan KPI sebagai manajemen tools untuk monitoring kinerjanya.

Dengan Anda membeli Paket KPI ini, maka Anda telah menghemat waktu Anda yang sangat berharga, sehingga Anda bisa fokus pada berbagai aktivitas utama Anda.

Anda hanya tinggal memberikan sedikit pengarahan kepada Team Administrasi untuk melakukan beberapa penyesuaian.

Penyesuaian dimulai dari Struktur Organisasi, yang tentu harus mengikuti formasi perusahaan Anda.

KPI yang kami susun berdasarkan format Struktur Organisasi umum, seperti yang terlampir dalam paket KPI.

Contoh Struktur Organisasi

Kemudian dilanjutkan dengan menetapkan serangkaian Sasaran Strategis (SS) dan menentukan satu atau lebih Indikator Kinerja (performance indicators) untuk setiap SS tersebut.

Sasaran Strategis & Indikator Kinerja

Dan menetapkan periode Monitoring, Target serta Bobot untuk setiap indikator kinerja utama – IKU (key performance indicator – KPI).

Selanjutnya Anda menetapkan Sumber Data untuk setiap Indikator Kinerja, secara dari berbagai Laporan Penjualan, Laporan Distribusi dan Laporan Aktivitas Pemasaran.

Beberapa IK – Indikator Kinerja, ada juga yang diperoleh dari mekanisme Survey, Perhitungan atau Analisa dengan menggunakan Skala-4.

Setelah semua sudah ditetapkan, Anda tinggal melakukan monitoring dengan menggunakan KPI ini bersama-sama dengan Format Laporan lainnya untuk melakukan analisa dan pengambilan keputusan.

Woow… sepertinya sangat menarik….

Saya berminat…, berapa saya harus berinvestasi untuk tools yang powerful ini ? …

Seperti yang saya sampaikan di atas, Anda bisa mendapatkan Paket KPI ini dari berbagai sumber atau berbagai cara, misal dengan memanggil konsultan.

Dan silahkan cek, berapa harga yang harus Anda bayar untuk Paket KPI tersebut.

Satu Set KPI, biasanya untuk satu unit bisnis, biasa di patok dengan harga 25 juta – 50 juta.

Ya…, memang segitu harga yang ada di pasaran, bahkan untuk unit yang sedikit komplek, akan dipatok dengan harga diatas 50 juta.

Tetapi untuk Paket dari Distribusi Pemasaran Dotcom – (Dimacom Indo Global) berapa harganya ?

Rp. 5.000.000,-

Rp. 2.000.000,-

Paket KPI Principal dan Distributor hanya Rp. 98.270,- saja.

ya benar . . . ,

Rp. 98.270,- (Sembilan Puluh Delapan Ribu Dua Ratus Tujuh Puluh Rupiah)

Wooow . . . , banget harganya.

Makanya buruan klik link dibawah ini, untuk melakukan order pembelian.

Uang Rp. 98.270,- tersebut, jika Anda hitung tidak lebih dari gaji Admin Anda satu atau dua hari kerja.

Bahkan uang Rp. 98.270,- tersebut masih lebih kecil dari uang pulsa Anda satu bulan.

Dan bandingkan jika Anda dan harus men-generate sendiri KPI untuk keseluruhan Team Anda, butuh waktu beberapa hari, beberapa hari waktu Anda yang sangat berharga tersebut.

Apalagi jika Anda serahkan ke Team Anda, bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Jadi tunggu apa lagi, segera KLIK LINK INI dan Paket KPI akan meluncur ke alamat email yang Anda berikan.