5 Trik Hebat untuk Menghindari Stres di Kantor

MANAJEMEN STRESS

Mereka yang sukses mengatasi problem stres tidak mempunyai waktu untuk tertekan, frustrasi, sedih atau depresi.

Mereka bekerja dengan smart dan bilang take it easy.

Dan yang lebih penting, mereka belajar untuk bisa menikmati waktu di kantor.

Coba simak  5 trik hebat berikut ini agar stres Anda berkurang.

Tips # 1 : Nikmati waktu Anda di kantor

Yang paham benar atas kegiatan Anda di kantor adalah Anda sendiri, bukan orang lain, bukan juga atasan Anda.

Teman sekantor sekalipun, hanya melihat Anda dari sisi yang dia bisa lihat, ingat sisi manusia minimal ada 4, jadi teman Anda pun juga tidak lebih tahu dari Anda.

Nah,Anda juga pasti tahu, apa yang bisa membuat Anda merasa enjoy, apa yang bis bikin Anda bad mood.

So, fokuslah ke hal-hal yang bisa membuat Anda happy, dan enjoy dengan apapun yang ada di kantor Anda.

Dan tentu saja, ada pekerjaan yang membuat Anda enjoy dan ada juga yang bisa membuat Anda bad mood.



Terus gimana donk dengan kerjaan yang bikin Anda bad mood, masak mau ditinggal, tidak dikerjain, hmmm bisa-bisa didamprat bos nanti.

Pertanyaan saya simple, pekerjaan apa yang membuat Anda bad mood ?, coba cek sekali lagi, apa yang membuat Anda bad mood dengan pekerjaan tersebut.

Anda tidak suka dengan pekerjaan tersebut, atau karena Anda kesulitan dan butuh waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Kalau yang pertama, penyebabnya maka pilihannya hanya Anda resign dan cari pekerjaan baru yang memang sesuai dengan passion Anda.

Jika yang ke dua yang jadi alasannya, maka perbaiki kualitas kompetensi Anda, karena tiap pekerjaan sudah dihitung beban kerjanya.

Dan terakhir, cobalah untuk berfikir realistis, ini pekerjaan Anda, dengan ini Anda mendapatkan banyak manfaat, dan kesenangan, so,,, nikmatilah pekerjaan Anda itu.

 

Tips # 2 : Membuat pekerjaan membosankan menjadi menarik

Jika Anda memilih untuk tetap menikmati pekerjaan Anda yang sekarang, Anda dapat mencari jalan keluar untuk membuat pekerjaan Anda menjadi menarik di mata Anda.

Pekerjaan yang membuat Anda tidak happy, biasanya adalah saat Anda mendapat tambahan pekerjaan, dimana pekerjaan tersebut, kurang Anda kuasai, penyelesaian terbaik adalah tingkatkan kompetensi Anda untuk bidang baru tersebut.

Dan Anda harus berfikir positif, dengan Anda mengerjakan bidang yang baru, maka pengalaman Anda bertambah lagi, ini modal yang bagus untuk peningkatan karir Anda nantinya.

Hal kedua yang membuat Anda tidak happy, adalah karena Anda sudah begitu rutinnya mengerjakan pekerjaan tersebut. Itu lagi, itu lagi, bosan jadinya.

Nah, itu tanda Anda butuh tantangan, so temui atasan Anda, atau HRD Anda, sampaikan bahwa jika memungkinkan, Anda siap menerima tantangan yang baru, jangan katakan kalau Anda bosan dengan pekerjaan itu, karena memang tidak boleh bosan. Ntar kalau yang bayar Anda juga bosan gimana ?

Sementara itu buatlah pekerjaan Anda tidak membosankan, misal dengan memasang foto-foto, atau barang-barang yang berkesan dan Anda sukai di sekitar Anda.

Atau anda bisa membawa barang-barang kesayangan Anda, asal jangan membawa seisi rumah ke kantor saja, he3x. Bunga, boneka, atau apapun yang memang Anda sukai.

 

Trik # 3 : Positif Mind Set

Jangan pernah mengatakan ‘Hari ini saya harus pergi kerja”, Jika Anda mengatakan, ‘saya harus pergi kerja’, berarti Anda tidak suka pekerjaan Anda.

Cobalah mengatakannya dengan gaya yang lain atau tempo yang lebih riang, misalnya, “Saya dalam perjalanan menuju ke kantor (bayangin sebagai tempat yang menyenangkan)” atau

“Hari ini adalah hari yang indah untuk bekerja”, bisa juga cara lain.

Tarik nafas yang dalam, nikmati dengan perasaan syukur, dan katakan pada diri Anda sendiri, “Aku senang dengan pekerjaanku, pekerjaanku telah membawa kebahagiaan bagi kehidupanku, membuat aku bisa memdapatkan apa yang menjadi keinginanku, aku senang dengan pekerjaan ini, terima kasih Tuhan”.

Atau apa saja yang menurut Anda merasa lebih enak.

Jadi be positif mind set.

 

Trik # 4 : Belajar Bicara Tidak

Salah satu hal yang membuat diri Anda terlibat dalam masalah adalah komitmen yang terlalu berlebihan.

Janganlah berusaha menjadi pahlawan, dengan selalu mengatakan ‘ya’ terhadap semua tugas-tugas yang di berikan ke Anda.

Anda akan merasa sakit hati, begitu atasan Anda marah-marah karena tugas yang diberikan ke Anda, yang sudah Anda sanggupi, tidak selesai.

Anda akan merasa sakit hati karena merasa banyak sekali pekerjaan yang harus Anda lakukan.

Trik untuk menghindarinya adalah memutuskan saat yang tepat untuk mengatakan ya dan tidak, sesuaikan dengan kapasitas Anda.

Biasanya ini terjadi untuk perkerjaan lain-lain, bukan pekerjaan utama, atau saat ada project atau event khusus yang bukan bagian dari core business perusahaan.

 

Trik # 5 :  Perkuat Kehadiran Anda

Inti dari kehadiran Anda yang kuat adalah merasa nyaman dengan keberadaan Anda dan Anda mengetahui di mana menempatkan diri dengan baik.

Bila Anda melakukan hal ini, orang-orang yang berada dekat dengan Anda akan merasa bahwa Anda benar-benar ada disana bersama mereka.

Cara untuk memperkuat kehadiran Anda adalah dengan mempertajam konsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

Pusatkan perhatian Anda dan berusaha untuk menghentikan pikiran Anda yang mengembara.

Pada akhirnya, ‘temukan keseimbangan Anda’. Jika Anda merasa di ujung tanduk, mulailah mengevaluasi prioritas yang berbeda dari pekerjaan.

Mulailah menjadwalkan kegiatan Anda. Coba ngobrol dengan mereka yang tidak terkena stres dan Anda akan menemukan bahwa mereka memiliki hidup yang seimbang.

Ini berarti, walaupun mereka bekerja keras, mereka tetap memiliki kehidupan lain di luar
pekerjaannya.

Fokuskan pikiran Anda bahwa life is wonderful apapun yang Anda kerjakan.

Nah, jika stres Anda sudah berhasil diatasi, Andapun lebih leluasa untuk menambah sukses!

Demikian beberapa trik untuk berkerja lebih menyenangkan.

Terimakasih sudah mampir di blog Distribusi Pemasaran ini

Salam sukses, sehat dan bahagia.

 

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini
About Agus Octa 190 Articles
Agus Octa S, Praktisi dan Konsultan di bidang Distribusi dan Pemasaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*