Display Contest Program yang Memanjakan Konsumen untuk Meningkatkan Penjualan

display-contest

TRADE MARKETING – IN STORE PROMOTION

Saat kita berjalan-jalan di sekitar area pertokoan, baik di toko retailer tradisional maupun retailer modern seperti minimarket, kita akan sering menjumpai produk dengan merek tertentu yang dipajang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian kita.

Ya itulah display program, yang biasanya di lombakan atau di kontes kan sehingga program tersebut diberi nama kontes display / display contest program.

Ada saja kreativitas dari peserta kontes display ini, ada yang membentuk istana seperti dalam dongeng, ada yang meniru karakter tertentu dan ada yang mencoba menciptakan nuansa tertentu, misal seperti sedang berada di benteng atau sedang dalam hutan, yang jelas membuat pengunjung / konsumen melihat, menatap dan mencoba membentuk imaginasi atas apa yang dilihatnya, minimal melirik sambil senyum.

Apapun itu, yang jelas ada memory tersendiri dari konsumen saat menatap display produk yang membentuk karakter atau nuansa tertentu tersebut, dan konsumen juga akan berusaha mencari tahu, merek dan jenis produk apa yang sedang di pajang tersebut.

Display contest program, adalah kegiatan lomba / kontes display yang biasanya dilakukan baik di tradisional outlet (toko kelontong), saluran khusus seperti apotik / toko obat,  maupun di modern outlet, terutama mini market dan super market.

Product category yang biasa di promo dengan display contest ini juga beragam, mulai dari kategori obat-obatan / otc, supplemen makanan, elektronik / home appliance, smarphone / gadget dan yang sering adalah fast moving consumer product.

Dalam program display contest ini biasanya dilakukan dengan cara blocking space atau blocking area display, dimana, biasanya memang area display diusahakan mendekati seratus persen, jadi seluruh area yang bisa didisplay, akan dipenuhi dengan produk merek tertentu.

Fungsi dari blocking space ini adalah untuk meningkatkan facing share merek produk tertentu, baik merek produk chalenger maupun market leader.

Facing share adalah seberapa besar area display / shelving / gondola / floor yang dapat dikuasai oleh merek produk tertentu.

Facing share yang tinggi, atau yang dominan dari merek produk akan mampu meningkatkan penjualan dan menciptakan impulse buying yang lebih tinggi.

Display contest yang dilakukan dengan benar, artinya memiliki effek dominan, impactful serta kontinyu dan periodical, akan mampu meningkatkan penjualan di outlet tersebut secara significant.

Program display contest ini secara umum memiliki parameter penilaian pada kreativitas display, luas pajangan, pola display, lokasi display dan pencapaian target penjualan dan target-target lain yang hendak dicapai.

Dalam blocking space, biasanya peserta program akan diminta untuk memajang sejumlah item produk yang sudah ditentukan dan dalam jumlah minimal yang sudah di tentukan juga.

Pola display merek produk sudah ditentukan, dan dalam masa display yang biasanya satu sampai dengan tiga bulan tersebut, peserta dilarang mendisplay secara mencolok (kadang dilarang penuh) merek produk kompetitor, dengan cara demikian maka dominasi merek produk akan bisa didapatkan.

Dalam display contest / kontes display ini para peserta diminta untuk melakukan display dengan ketentuan, sebagai berikut :

  • Principal, selaku pemilik merek produk sudah memiliki tujuan / objective dari program serta tema yang akan diusung, sehingga toko / outlet peserta program akan berusahan membuat beragam kreativitas yang bisa menterjemahkan objective dari pemilik merek produk tersebut.
  • Grup produk dan item produk serta prosentase jumlah dari tiap item sudah ditentukan.
  • Pola display baik scara horizontal maupun vertikal harus sesuai aturan yang sudah ditentukan.
  • Pola grouping dan item mana saja yang harus lebih impactful juga sudah ditentukan.
  • Ada minimal facing dari display dari tiap item.
  • Lokasi display , yaitu tingkat ke strategisan area, serta ketinggian facing display sangat menentukan, biasanya sudah ada di kontrak, area mana saja yang dipakai.
  • Penggunaan POP material, boleh menggunakan standar dari principal (biasanya di beri sejumlah POP material standar oleh principal) ataupun berkreasi sendiri dengan membuat POP sendiri yang menarik.
  • Dalam pembuatan POP sendiri, pembuatan tulisan, logo / font type, colouring, dan semua yang memiliki ciri merek, tidak boleh dirubah, misal bentuk font logo / merek dirubah sesuai selera, ini dilarang, warna merek produk yang dominan kuning, terus dirubah hijau, juga dilarang.
  • Pembuatan dummy produk juga harus mengikuti ketentuan, seperti ratio antara lebar, tinggi dan panjang dari dimensi dummy produk tersebut.
  • Selama masa display contest, pihak outlet dilarang mengikuti kontes display dari perusahaan lain, meski bukan kompetitor, karena hal ini akan memecah atensi pelanggan / konsumen.
  • Wajib bagi pihak outlet selama periode display contest, untuk menjaga kebersihan dan bentuk dari display ini.
  • Wajib untuk menjaga stock merek produk dengan minimal jumlah tertentu, apalagi ada yang kosong / short supply, sangat dilarang.

Sedangkan untuk team dari principal, terutama yang berkewajiban melakukan pengawasan di area (merchadiser team / marketing field force) harus memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Harus melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan program display contest ini, dengan melakukan dokumentasi secara periodik dan dilengkapi dengan foto penuh seluruh area toko utamanya area yang digunakan untuk display.
  • Evaluasi secara periodik atas progress pencapaian target display dan target penjualan merek produk tersebut.
  • Memastikan stock digudang dan display cukup, segera distributor diminta order jika dirasa akan terjadi short supply, (ada minimal stock untuk tiap lokasi).
  • Evaluasi atas reakasi atau respon dari kompetitor langsung maupun yang tidak langsung.
  • Pastikan display dan POP material tidak kotor, apalagi rusak, segera koordianasi dengan pihak peserta jika ada yang rusak.

Produk yang diikutkan dalam display contest, haruslah produk yang sedang di promokan atau sedang dikampanyekan, sehingga tercipta kesatuan atau integrasi komunikasi ke pasar sasaran / target.



Program display contest biasanya tidak berdiri sendiri, melainkan bagian dari keseluruhan program / strategi pemasaran seperti in store promotion ( product campaign, lucky draw, sampling and demo by sales promotion, joint promo dan lain-lain), out door dan rankaian events, karena hasilnya akan lebih efektif.

Dalam display contest akan sangat efektif, jika semua peserta display bisa merasa mendapatkan benefit dari kepesertaannya, misal dengan mendapatkan sejumlah free produk, atau display fee, selain hadiah khusus jika nanti menjadi pemenang.

Lama periode display yang effektif adalah dua kali periode display, di mana tiap periode berjalan sekitar dua sampai tiga bulan.

Jadi program kontes display yang bagus adalah yang mampu menarik perhatian konsumen, memancing rasa ingin tahu pengunjung outlets, menciptakan impulse buying, memberi kesan dan pengalaman merek yang mendalam, ter-memory dengan baik dan meningkatkan penjualan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai “Display Contest Program yang Memanjakan Konsumen untuk Meningkatkan Penjualan”, yang merupakan bagian dari in store promotion.

Anda juga bisa membaca artikel terkait dengan display, yaitu “Strategi Merchandising di Swalayan Ritel“.

Terima kasih sudah mampir di blog Distribusi Pemasaran ini, semoga bermanfaat.

 

Salam Sukses Sehat dan Bahagia.

Note. Gambar display contest : GarnierMen, Milo


Untuk Anda :

Panduan Belajar bidang Distribusi & Pemasaran, FREE AKSES

Tools & Templates, yang dapat membantu meningkatkan Karir Anda

Consulting & Training Service, bidang Distribusi & Pemasaran


1 Comment

  1. You reallyactually make it seemappear so easyreally easy with yourtogether with youralong with your presentation howeverbut I in findingfindto find this topicmatter to be reallyactually somethingone thing whichthat I thinkI feelI believe I wouldI mightI’d neverby no means understand. It kind of feelsIt sort of feelsIt seems too complicatedcomplex and veryextremely widebroadextensivelargevasthuge for me. I amI’m taking a looklookinghaving a look forwardahead for youron yourin yourto your nextsubsequent postsubmitpublishput up, I willI’ll try toattempt to get the hangholdgraspclingdangle of it!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*