Semangat HAMARI, Hari Marketing Indonesia 1 April 2019

hari-marketing-indonesia
hari-marketing-indonesia

HAMARI

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa tanggal 1 April 2019 ini adalah hari yang istimewa, setidaknya bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang berkiprah di dunia pemasaran dan penjualan (sales – marketing).

Bagaimana tidak, karena pada tanggal 1 April 2019 diperingati sebagai Hari Marketing Indonesia (HAMARI), yang dicanangkan oleh majalah MARKETING (Frontier Group) yang bekerja sama dengan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) dan Asosiasi Pusat Belanja Indonesia (APPBI) lima tahun yang lalu.

Marketing, merupakan bagian dari sebuah institusi atau perusahaan yang memiliki peranan yang teramat penting, bahkan bisa dikatakan sebagai jantung atau urat nadi dalam tubuh perusahaan itu, yang bisa menentukan hidup dan mati dari perusahaan tersebut.

Sedemikian penting peranan dari marketing bagi kelangsungan hidup sebuah bisnis, sebuah institusi atau sebuah perusahaan, sehingga tidak salah jika memiliki hari khusus yang dijadikan sebagai momentum akan betapa penting peranan marketing untuk bisa memberikan value baik kepada pasar atau konsumen dan juga kepada perusahaan atau institusi agar terus berkembang dengan penuh kreativitas dan inovasi.

Marketing memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan, salah satunya adalah bagaimana membangun dan mengembangkan hubungan yang baik dengan para konsumen, menjadikan pelanggan serta mempertahankan pelanggan tersebut dengan memastikan bahwa para pelanggan telah mendapatkan kepuasan akan produk dan layanan dari perusahaan.

Marketing, untuk bisa benar-benar bisa memberikan kepuasan kepada para pelanggan, maka haruslah mampu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, apa yang menjadi keinginan pelanggan dan apa yang sebenarnya diharapkan oleh pelanggan, serta berusaha untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan tersebut.

Pemenuhan kebutuhan, keinginan dan harapan pasar tersebut, bukan saja dalam lingkup pasar lokal, atau regional, tetapi harus mencakup wilayah yang lebih luas, yaitu nasional dan internasional.

Pada era komunikasi tanpa batas ini, dunia yang begitu luas menjadi sangat kecil, semua menjadi serba cepat dan dekat, seperti tanpa batas.

Pada saat ini, hampir-hampir tidak ada wilayah didunia ini yang tidak bisa dijangkau, semua bisa berhubungan dan berkomunikasi, sehingga menjadi tugas marketing untuk bisa menguasai pasar dunia tersebut.

Marketing, dengan peran pentingnya sebagai ujung tombak untuk memenangkan persaingan pasar, sudah saatnya untuk melakukan adaptasi dan bahkan perubahan besar di era digital dan kemajuan teknologi ini, terutama internet.

Dengan adanya perkembangan teknologi digital dan internet, pasar juga mengalami perubahan, pasar mengalami pergeseran, sehingga dibutuhkan pola, metode atau strategi baru yang memanfaatkan teknologi dan internet itu sendiri.

Indonesia dengan segala potensinya yang sangat luar biasa ini, merupakan kekuatan ekonomi dunia, dan untuk bisa berkiprah di pasar dunia, dibutuhkan bukan saja sumber daya dengan segala potensinya, tapi juga harus dibarengi dengan kemampuan untuk bisa memasarkan (me-marketing-kan), agar bisa bersaing di lingkup bisnis internasional.

Artinya, tidak cukup hanya metode konvensional untuk bisa menang dalam persaingan, dibutuhkan banyak kemampuan dan penguasaan, salah satunya dibidang teknologi digital dan internet dalam pemasaran (digital marketing / internet marketing).

Akhirnya, berpijak pada tanggal 1 April ini, kita gunakan spirit Hari Marketing Indonesia untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yang dibarengi dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi digital dan internet untuk menciptakan dan memberikan value bagi konsumen pada umumnya dan pelanggan khususnya.

Selamat Hari Marketing Indonesia…, ayuk berubah menjadi lebih baik, lebih maju dengan memberikan yang terbaik bagi Bangsa Indonesia melalui Marketing.

Dan semoga blog Distribusi Pemasaran dotcom, bisa memberikan secuil kontribusi untuk ikut serta membangun Bangsa dengan selalu berbagi artikel seputar marketing sebagai sedikit referensi untuk kita semua.

Selamat Hari Marketing Indonesia, Selamat Hari Marketing Teman-teman semua … 1 April 2014 – 1 April 2019

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

Baca berbagai artikel seputar strategi dan manajemen praktis pemasaran, distribusi – penjualan, komunikasi pemasaran, pelayanan prima dan lain-lain dengan selalu berkunjung ke Blog Distribusi Pemasaran dotcom.

About Agus Octa 184 Articles
Agus Octa S, Praktisi dan Konsultan di bidang Distribusi dan Pemasaran.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*