Team Building yang Handal

TEAM BUILDING

Halo teman-teman semua, kita bertemu lagi, kali ini kita mau coba bahas tentang team building. Apa itu team building…? Secara umum team building adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk membentuk dan membangun sebuah team guna mencapai tujuannya. Itu pengertian bebas yang saya berikan.

Ada beberapa tahapan dalam pengembangan team building ini. Yuk teman-teman kita ulik bareng-bareng tahapan mengembangkan team building ini satu persatu.

Team Building Tahap I : FORMING

Pada tahap ini anggota team belum saling mengenal, masing-masing juga belum memahami tugas khusus mereka, masing-masing belum memahami tujuan atau setidaknya mekanisme untuk mencapai tujuannya seperti apa.

Team Building Tahap II : STORMING

Team mengalami storming atau badai karena pada tahap ini mulai terjadi pertentangan dalam berbagai hal, baik dalam upaya memcapai tujuan akhir, memahami tiap tahap untuk mencapai tujuan (proses dan aturan kerja), maupun pemahaman terhadap bentuk tujuan akhir itu sendiri, apakah dari sisi kualitas, kuantitas dan standar waktu pencapainnya.

Ditahap ini masing-masing team juga menunjukkan powernya, masing-masing menunjukkan egonya. Mereka membicarakan (lebih tepanya mengatakan ) bahwa  metodenyalah yang paling baik, dan tidak perduli dengan metode yang lain. Bahkan kadang ada anggota team yang merasa pantas untuk “memimpin “, merasa paling senior dlsbg.

Team Building Tahap III : NORMING

Team pada tahap ini team telah mengenal tiap anggota, satu sama lain telah memahami karaktek masing-masing, team telah memahami kelebihan dan kelemahan masing-masing anggota, sehingga keterbukaan telah terjadi dan ikatan sebagai satu team semakin terbentuk dan semakin kuat.

Tiap anggota team telah bisa memahami akan aturan, pola dan metode kerja yang harus mereka jalankan. Dan yang terpenting team sudah berjalan diatas rel yang seharusnya, dengan mengutamakan teamwork / kerjasama team.

Target kerja pada tahap ini sudah terpenuhi, sudah bisa dicapai oleh anggota team dengan baik. Dan di tahap ini team mulai masuk ke tahap yang disebut comfort zone. Team mulai merasa sangat nyaman dalam bekerja.

Secara umum biasanya team building berhenti ditahap ini disini. kenapa …? Karena tujuan telah tercapai, hasil sudah sesuai target, jadi mau apa lagi, ini sering terjadi bukan hanya di level bawah, tapi juga merambah ke level atas, para supervisor /manager / pimpinan kadang masuk ke comfort zone ini dan terlena disini.



Team Building Tahap IV : PERFORMING

Ini adalah fase terakhir dari team building, yaitu team yang mampu keluar dari kondisi standart dan masuk untuk melakukan pencapaian lebih. Tiap individu telah sadar dimana area coverage nya, dan mampu menaikan level of playing mereka tanpa keluar dari track yang ada. Anggota team telah memiliki motivasi yang sangat tinggi untuk memberikan performance yang tinggi secara pribasi dan secara team.

Dalam team building kita harus bisa mengejar tahap ini, dan tidak berhenti dilevel ketiga apalagi dilevel dua. Untuk mencapai tahap ini memang tidaklah mudah, tapi dengan beberapa strategi team building, tahap ini bisa kita capai.

Inilah perkembangan dari sebuah team yang kita bentuk, untuk teman-teman yang sudah mulai dibebani team, punya anak buah, maka akan melewati tahapan tersebut diatas.

Coba deh teman-teman perhatikan, kira-kira team yang kita lead sudah pada tahapan yang mana. Next time kita coba bahas bareng bagaimana sih caranya untuk menaikan tahap atau tingkatan dari sebuah team building itu.

Baik teman-teman sampai disini dulu yaa,,, terima kasih dah mampir di blog kita ini, semoga blog Distribusi Pemasaran ini memberi manfaat untuk kita semua ….

Salam sukses sehat bahagia

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini
About Agus Octa 190 Articles
Agus Octa S, Praktisi dan Konsultan di bidang Distribusi dan Pemasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*