Motivation & Inspiration

Berani Punya Mimpi ?, Wujudkan Mimpimu Dalam 5 Langkah

MILIKI IMPIAN dan WUJUDKAN

Ketika kita menghadapi kesusahan dan kesulitan, menjadi pilihan kita untuk membiarkan semua itu menghancurkan hidup kita atau malah menciptakan kehidupan yang baru bagi kita. Mari belajar untuk tidak menyalahkan Tuhan ketika kita mengalami kesulitan dan kesusahan. Tapi bertanyalah pada-Nya, “Apa yang sedang ingin Engkau ajarkan padaku?”

 

Adalah seorang pemuda yang memiliki impian untuk menjadi orang sukses, ia ingin menjadi milionare, dan ia terus dan terus membangun mimpinya karena ia sadar bahwa dengan memiliki mimpi maka ia bisa memiliki semangat dan motivasi untuk terus mengejarnya.

Pemuda ini kemudian menikah dan bersama sang istri tercinta ia bercerita tentang semua impiannya tersebut, bahwa suatu saat ia akan menjadi milionare ya menjadi orang sukses, ia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya tersebut, saat itu ia menjadi salesman suatu produk.

Beberapa waktu kemudian terjadi resesi ekonomi di negara ini, semua terkena dampaknya, termasuk pemuda ini dan istrinya yang saat itu sedang mengandung, pemuda ini kehilangan pekerjaannya, bahkan semua aset yang dimilikinya akhirnya terjual untuk membiayai hidupnya, termasuk tabungan dan rumahnya.

Ia sempat frustasi menghadapi hidupnya, dan pelan-pelan semua impiannya ia buang jauh-jauh. Ia merasa tidak mungkin lagi ia bisa mewujudkan mimpinya, mimpi itu benar-benar hanya sebuah mimpi, yang kemudian perlahan memudar menghilang.

Tapi ternyata tidak demikian dengan sang istri, ia tidak kehilangan harapan sedikitpun ia tetap punya mimpi untuk menjadi orang sukses, Sang istri yang penuh kasih sayang ini selalu dekat dan menguatkannya.

Dengan tidak bosan-bosannya ia meyakinkan sang suami bahwa impian untuk menjadi milionare itu belum mati dan mereka pasti bisa mencapainya bersama-sama suatu hari kelak

Sang istri tetap tidak mau percaya bahwa impian itu telah mati. Ia bahkan sama sekali tidak bersedia untuk mengubur mimpi untuk menjadi orang sukses tersebut



Untuk tetap menjaga kehidupan impian tersebut ia mengajak sang suami untuk merancang apa yang akan mereka lakukan jika suatu saat nanti mereka menjadi milionare. Keduanya lalu mulai melakukan hal ini setiap kali selesai makan malam.

Sang pemuda yang saat itu bekerja serabutan dengan penghasilan yang tidak menentu memilih untuk tetap tertawa walau segala sesuatunya saat itu tampak suram.

Di malam hari, saat mereka melepas penat dan untuk melepaaskan beban persoalan hidup dan memelihara mimpinya, mereka membuat permainan dimana mereka bisa berpura-pura menjadi milioner.

Dalam pemainan itu mereka berfikir, barang-barang apa saja yang akan dibeli jika mereka menjadi orang sukses dan banyak uang, misalnya tanah, rumah, gedung, dan sebagainya. Gagasan ini terus mereka matangkan. Mereka menambahkan papan permainan, dadu, kartu, rumah-rumah kecil, hotel-hotel kecil, dan seterusnya.

Akhirnya pemuda ini mendapatkan ide dari permainan ini, ia dan istrinya berusaha mematangkan permainan tersebut disebuah papan, lengkap dengan aturan mainnya. Dan kemudian permainan ini dicoba dijualnya, ya pemuda ini mencoba memasarkan permainan ini.

Ternyata usaha pemuda dan istrinya ini membuahkan hasil, ya permainan ini banyak diminati tetapi ia mempunyai kesulitan untuk mengembangkan usaha ini, maka ia mencoba menawarkan ke beberapa investor.

Beberapa waktu kemudian permainan ini dipasarkan secara besar-besaran oleh Parker Brothers dan permainan ini diberi nama Monopoly, sebuah permainan yang sangat terkenal dan masih ada sampai saat ini.

Dan pemuda itu dan istrinya yang tak lain adalah Charles Brace Darrow dan Esther istrinya, akhirnya mendapat sejumlah uang dari Parker Brothers dan membuat mereka menjadi milionare.

Charles B Darrow (1889 – 1967)

Kisah Charles B Darrow dan Esther istrinya cukup memberikan kita inspirasi, betapa hidup memang harus diperjuangkan dan kita tidak boleh kehilangan mimpi-mimpi kita, karena mimpi ini yang memberi kita motivasi dan alasan untuk bekerja lebih keras untuk mewujudkannya.

Banyak orang yang dengan teguh memegang impian mereka. Tapi ada juga yang kehilangan impiannya jauh sebelum ia memperjuangkan mimpi itu, ya ia kalah sebelum berperang.

Banyak orang yang tahu bahwa impian kerap menjadi awal perjuangan untuk menwujudkan hari esok yang lebih baik namun sayangnya banyak juga yang belum berani bermimpi.

Ada juga orang yang berani bermimpi namun enggan berkorban untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Jika kita tidak bersedia berkorban dan memperjuangkan mimpi kita, maka lupakan saja impian kita. Semakin besar impian kita maka semakin besar pula pengorbanan dan perjuangan yang harus kita lakukan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya mewujudkan mimpi tersebut. Ada sejumlah tahap penting yang diperlukan agar sebuah impian dapat menjadi kenyataan.

Langkah # 1 : Perjelas Mimpi / Goal Kita.

Perjelas impian itu, buatlah impian itu menjadi sebuah target yang jelas dan jika perlu tuliskan dengan jelas semua bentuk target tersebut, misal saya mau memiliki aset atau kekayaan sebesar sekian rupiah pada bulan apa tahun berapa.

Maka saya harus bisa membayangkan dalam pikiran saya impian tersebut secara spesifik, jelas dan utuh secara keseluruhan. Misal rumah, mobil, tanah, ruko, rumah kost dan lain-lain. Spesifik.

Impian tersebut harus menjadi sebuah target dan memiliki angka atau ada nominalnya yang bisa diukur tingkat keberhasilannya. Jika dalam bentuk uang, berapa nominalnya, jika dalam bentuk barang berapa nilainya.

Kemudian impian / target tersebut haruslah sesuatu yang memang wajar untuk dimiliki, jika itu sesuatu yang tidak bisa dimiliki, maka ya jangan diimpikan. Misal mimpi memiliki bulan, hmm, mimpi aja kalau seperti itu. Tapi mimpilah sesuatu yang achievable, sesuatu yang dapat diraih, atau sudah ada orang yang bisa meraihnya.

Berikutnya kita harus mulai berhitung, bagaimana untuk mencapai semua target itu, bagaimana dengan resouces / sumber daya kita. Artinya kita berhitung untuk mencapainya dibutuhkan sumber daya seperti apa dan sumber daya kita seperti apa, apa yang belum kita miliki dan bagaimana kita mengisi sumber daya yang tidak kita miliki tersebut.

Misal, kita ingin memperoleh kekayaan dari internet, lebih spesifik dari blog dan jualan on line. Terus kita lihat diri kita, apa kita ada sumber daya untuk menjadi bloger atau menjalankan on line shop tersebut, jika belum punya maka kita harus belajar internet marketing, belajar bagaimana mengelola dan memasarkan online shop. Itu realistic namanya.

Terakhir impian / target tersebut harus punya batasa waktu, kapan kita akan mewujudkan mimpi tersebut berdasar sumber daya yang kita miliki tersebut. Jadi ada time limit-nya

Langkah # 2 : Bayangkan Benefit dan sakitnya.

Coba bayangkan manfaat yang bisa didapatkan jika impian itu terwujud. Sebaiknya manfaat itu bukan hanya bagi diri kita sendiri melainkan juga bagi orang yang paling kita cintai, orang-orang di sekitar kita dan sesama lainnya.

Dan bayangkan jika kita tidak berusaha mewujudkan mimpi / target tersebut, bayangkan sakitnya jika kita tidak merubah hidup kita, kesengsaraan seperti apa yang akan kita alami.

Semakin besar manfaat yang bisa kita peroleh maka kita akan semakin besar semangat dalam menggapainya.

Langkah # 4 : Identifikasi Lebih Dalam.

Identifikasi semua masalah atau hambatan yang kiranya akan kita hadapi dalam rangka mewujudkan impian tersebut. Identifikasi orang, kelompok orang atau organisasi yang kiranya dapat membantu kita mewujudkan impian tersebut, atau membuat kita mampu mencapai dan mewujudkan mimpi tersebut lebih cepat.

Seperti kita ketahui, cara tercepat untuk belajar bermain sepak bola, ya belajar ke orang yang sudah bisa bermain sepak bola. Cara tercepat untuk bisa berbisnis property, ya belajar ke mereka yang sudah bermain di bisnis property dan sukses disana.

Kemudian identifikasi juga pengetahuan dan ketrampilan apa saja yang sangat kita perlukan dalam upaya untuk meraih impian tersebut. Bisa jadi kita  harus membaca buku-buku tertentu, mengikuti kursus, seminar atau training dan sebagainya.

“To achieve something you have never achieved before, you must become someone you have never been before.” Ya, untuk mencapai sesuatu yang belum pernah Anda capai Anda harus menjadi orang yang berbeda dari sebelumnya. (Les Brown)

Langkah # 5 : Action Plan dan Take Action.

Buatlah action plan, yakni langkah-langkah konkrit yang akan di tempuh dalam upaya mencapai dan mewujudkan mimpi tersebut.

Action plan ini menyangkut semua hasil dari langkah-langkah di awal, mulai target yang jelas, spesifik, terukur, achievable, real dan ada time limit-nya.

Breakdown dalam tonggak-tonggak / milestone yang merupakan step pencapaian yang berisi target kecil untuk mencapai target berikutnya. Langkah besar tetap harus dimulai dari langkah-langkah kecil.

Termasuk dalam action plan ini adalah sumber daya yang harus disiapkan demi tercapainya impian tersebut.

Terakhir take action dan take action, hanya dengan take action maka upaya untuk mencapai impian kita akan semakin dekat kepada kenyataan.

Dari sekian langkah kita tadi, ada hal yang harus selalu menyertai langkah kita, yaitu berdoa ke Yang Maha Kuasa, karena hanya dengan kehendak-Nya semua bisa terjadi.

Terima kasih teman-teman sudah mampir di blog Distribusi Pemasaran ini, mohon saran dan kritik membangun. Mimpi yuk,,,

 

Salam sukses, sehat dan bahagia.

 

Charles dan istrinya menjadi miliuner karena mereka mengizinkan kesulitan yang mereka alami membentuk diri mereka, bukannya menghancurkan mereka.

Charles Brace Darrow

  • Lahir di Philadelphia Pennsylvania, 10 Agustus 1889
  • Meninggal pada usia 78 tahun di Bucks County, Pennsylvania, 28 Agustus 1967

Penemu  “Monopoly Board Game” menjadi perdebatan antara Charles B Darrow (AS) dengan Elizabeth Magie (Great Britain), pemilik Permainan sejenis yang sudah ada dengan nama “The landlord’s Game”

Artikel Terkait : “Targetkan Suksesmu, Raih Tiap Kesempatan Menuju Target itu” atau Teman-teman bisa mengunjungi blog ini untuk kategori Inspirasi dan Motivasi.

 

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini
Tagged , , , , , , , ,

2 thoughts on “Berani Punya Mimpi ?, Wujudkan Mimpimu Dalam 5 Langkah

  1. Memiliki mimpi, adalah sebagian dari upaya kita untuk mencapai kesuksesan,
    dan take action untuk mewujudkan mimpi tersebut, adalah cara untuk meraih kesuksesan

    Sangat inspiratif..

Leave a Reply

Your email address will not be published.