Simplicity Marketing, Konsep Komunikasi Pemasaran yang Fokus

simplicity-marketing
Simplicity Marketing

MARKETING STRATEGY – POSITIONING – MARKETING COMMUNICATION

Pernah dengar istilah simplicity?, atau simplicity marketing?, ya istilah simplicity sendiri banyak digunakan diberbagai bidang, seperti simplicity brand, simplicity business, simplicity product dan lain sebagainya.

Simplicity sendiri secara harafiah adalah kesederhanaan, atau sederhana, atau sesuatu yang mudah simple tidak berbelit-belit dan tidak rumit.

Dalam dunia pemasaran, kata simplicity juga kerap digunakan, merujuk pada proses pemasaran atau komunikasi pemasaran yang sederhana.

Jadi apa pengertian dari simplicity marketing ini?

Secara umum Simplicity Marketing adalah sebuah konsep untuk melakukan aktivitas pemasaran atau komunikasi pemasaran untuk membangun persepsi konsumen yang dilakukan dengan fokus pada satu atribut saja, tidak perlu mencantumkan berbagai klaim keunggulan atau berbagai benefit apalagi dengan berbagai asosiasi dari suatu merek produk.

Mengapa demikian ?,

Bukankah dengan mengkomunikasikan banyak keunggulan merek, banyak benefit dari suatu produk dan dikaitkan dengan berbagai asosiasi dari merek produk akan membuat konsumen lebih ingat terhadap produk tersebut.

Bisa jadi hal tersebut benar, dengan mengkomunikasikan berbagai atribut dan keunggulan merek produk akan membuat konsumen lebih ingat pada merek tersebut.

Tetapi seringkali kita lupa, bahwa konsumen, sejak kecil telah dibombardir dengan berbagai merek produk, memory otak tetap mencatat sebagian besar dari merek-merek tersebut, plus semua aktivitas yang mengkomunikasikan segala klaim keunggulan mereka.

Konsumen, sejak bangun tidur hingga tidur kembali juga terpapar oleh beribu bahkan berjuta informasi termasuk berbagai merek.

Maka bisa dipastikan, otak manusia termasuk konsumen ini telah terjejal penuh dengan berbagai informasi, yang setiap saat, beribu informasi dari sekitar masuk memenuhi ruang ingatan tersebut.

Artinya didalam otak manusia yang sudah penuh tersebut, tentu akan sangat sulit untuk memasukkan satu merek yang lengkap dengan berbagai atribut dan asosiasi dari merek tersebut.

Kondisi ini yang kadang tidak disadari banyak pemasar, yang memang salah satu tugasnya adalah menggarap ladang (otak) manusia untuk memasukan persepsi beserta sekian atribut dan berbagai asosiasinya kedalam otak yang sudah penuh sesak akan berbagai informasi tersebut.

Jika untuk membuat konsumen ingat akan satu merek beserta sekian atributnya saja susah, apalagi jika harus memasukkan sekian atribut dari suatu merek tentu akan lebih sulit lagi.

Dari sini konsep simplicity marketing tersebut berkembang, yaitu melakukan komunikasi pemasaran atau berbagai aktivitas pemasaran hanya dengan membawa satu atribut saja, tidak perlu mencantumkan berbagai keunggulan atau benefit produk, cukup satu saja, yang sederhana yang mudah diingat yang mudah diucapkan, namun membawa semua pesan atau mewakili semua pesan tentang produk tersebut.

Ingat hanya satu atribut, tetapi memiliki arti, makna yang sangat mendalam, dan bisa mewakili pesan atau bisa membuat konsumen memiliki persepsi seperti yang diinginkan merek tersebut.

Proses penanaman persepsi ke benak konsumen atau positioning tersebut dengan menggunakan positioning statement yang simple memang bukan sesuatu yang mudah.

Untuk mendapatkan positioning statement yang simple tersebut, tentu harus melalui berbagai tahapan logika, karena kata-kata yang dipilih bukan karena artistik, bukan karena hasil dari kreatifitas seni, melainkan satu atau lebih kata yang terangkai dan memiliki logika yang bisa dimengerti dan dirasa relevan oleh target audience.

Oleh sebab itu, untuk menciptakan positioning statement yang simple tersebut, perlu dilakukan berbagai analisa yang menyeluruh tentang target kebutuhan yang akan dipenuhi dan kekuatan merek yang menyebabkan kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

Ingat, harus dilakukan analisa secara menyeluruh tentang semua target kebutuhan yang harus dipenuhi, kemudian juga harus dilakukan analisa yang mendalam dan menyeluruh tentang kekuatan merek yang menyebabkan semua kebutuhan target tersebut dapat dipenuhi.

Jadi Simplicity Marketing adalah proses untuk melakukan positioning dengan positioning statement yang simple yang bisa memberikan perbedaan dan atau mengkomunikasikan berbagai keunggulan suatu produk ke konsumen, hanya dengan satu atau lebih kata-kata yang sederhana.

Sebagai contoh penerapan dari simplicity marketing adalah bank BCA dengan BCA ‘yes’, bank Mandiri ‘terbesar’, Cocacola ‘the real thing’, Philips ‘let’s make things better’ yang kemudian diganti menjadi Philips ‘sense and simplicity’ yang memiliki makna kurang lebih adalah, produk yang sederhana (simplicity), namun memiliki banyak arti (sense).

Simplicity marketing juga bukan hanya fokus pada satu statement yang simple saja, tetapi juga merambah proses atau aktivitas lain dalam marketing, seperti bagaimana sebuah merek dibuat sederhana atau dikenal dengan istilah simplicity brand.

Sedikit mengulas, simplicity brand adalah konsep untuk membuat sebuah merek tampak sederhana di mata konsumen, artinya semua kerumitan dalam sebuah brand, tidak perlu diketahui oleh konsumen.

Sebagai contoh, kita sering makan di fast food, salah satunya adalah KFC (merek yang sederhana), dengan beberapa menu yang sangat mudah untuk kita ingat, seperti ‘Paket Combo 1′, Paket Combo 2’ dan sebagainya.

Saat konsumen melakukan pembelian, cukup menyebut salah satu paket tersebut, maka meluncurlah berbagai menu yang sesuai dengan paket tersebut.


Bingung cara membuat KPI untuk Team Penjualan dan Pemasaran Anda?

Kini ada solusinya . . .

Telah tersedia Paket KPI Principal & Distributor yang cukup lengkap


Itulah salah satu bentuk penyederhanaan merek atau simplicity brand, yang juga merupakan bagian dari aktivitas atau konsep Simplicity Marketing.

Dengan konsep symplicity brand ini, berapa banyak waktu atau proses pengambilan keputusan konsumen yang bisa dihemat atau dipangkas, konsumen tidak perlu berfikir harus pesan apa dengan apa, tetapi cukup memilih berbagai paket yang sudah lengkap dengan berbagai pilihan menunya.

Kesederhanaan merek, adalah satu hasil dari penyederhanaan pemasaran (simplicity marketing) yang dilakukan sebuah perusahaan untuk konsumennya.

Mengutip dari buku “Simplicity Marketing: End Brand Complexity, clutter and confusion”, yang ditulis oleh Steven M. Cristol dan Peter Sealey.

Jadi konsumen janganlah dibuat pusing oleh keberadaan merek-merek di kita pasarkan, buatlah proses yang sederhana namun memiliki banyak manfaat untuk konsumen.

Produk Apple, komputer, smartphone dan lainnya yang memiliki teknologi tinggi dan kompleks, sangat rumit menurut para ahli teknologi, namun ditangan konsumen, alat tersebut sangat mudah dioperasikan, sangat sederhana cara menggunakannya.

Itulah salah satu contoh simplicity marketing yang sukses, simple di positioning statement, simple di penggunaan, namun sarat akan manfaat dan dukungan teknologi tinggi.

Baca juga :

Public Relation sebagai Media Komunikasi Pemasaran

8 Langkah Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran yang Powerful

Jadi Simplicity adalah keputusan untuk membangun satu persepsi yang kuat dibenak pelanggan dengan mempertimbangkan berbagai asosiasi yang akan terbentuk yang merupakan rancangan untuk membuat merek berbeda.

Dan Simplicity ini merambah semua elemen pemasaran, baik dalam merek (simplicity brand) maupun dalam aktivitas pemasaran yang lain, seperti metode komunikasi pemasaran, metode penjualan produk dan lain-lainnya.

Dengan konsep simplicity ini, diharapkan sebuah merek akan lebih mudah diterima konsumen, lebih mudah dimengerti konsumen dan akhirnya lebih mudah menjadi pilihan konsumen.

Keep it Simple.

Demikian pembahasan kita mengenai simplicity secara umum dalam kaitannya dengan pemasaran atau lebih dikenal dengan simplicity marketing atau penyederhanaan pemasaran, yang membuat konsumen lebih mudah dalam memahami dan mengakses sebuah merek produk.

Bagaimana menurut Anda?

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog Distribusi Pemasaran dotcom, semoga Anda mendapatkan manfaat, dan kami tunggu komentarnya.

Salam Sukses Sehat dan Bahagia



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*