Marketing Strategy

5 Konsep Dasar dalam Manajemen Pemasaran

konsep pemasaran

MARKETING MANAGEMENT CONCEPT

Pemasaran adalah sebuah aktivitas atau proses yang menitik beratkan kepada bagaimana cara mengetahui kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen dan  pelanggan, serta bagaimana cara memenuhi needs, wants dan insights tersebut, melalui penciptaan dan penyampaian nilai kepada konsumen dan pelanggan, sehingga tercipta kepuasan (consumer /customer satisfaction) dan hubungan yang kuat (relationship).

Konsep pemasaran (marketing concept) adalah model dasar atau acuan dasar dari perusahaan untuk menjalankan aktivitas atau proses pemasaran,itulah sebabnya saya lebih suka menyebutnya konsep dasar pemasaran atau konsep dasar manajemen pemasaran.

Konsep manajemen pemasaran (marketing management concept) ada banyak sekali, apalagi dalam bentuk praktis, karena setiap perusahaan, akan memiliki konsep manajemen pemasaran yang berbeda-beda satu sama lain, hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti bagaimana cara pandang perusahaan terhadap pasar sasaran, bagaimana resources yang dimiliki serta bagaimana menggunakan sumber daya tersebut.

Namun secara umum, semua konsep pemasaran tersebut bersumber 

  • Konsep Produksi (production concept)
  • Konsep Produk (product concept)
  • Konsep Penjualan (selling concept)
  • Konsep Pemasaran (marketing concept)
  • Konsep Pemasaran Sosial (societal marketing concept)
5 Konsep Manajemen Pemasaran

# 1 : Konsep Produksi

Production concept atau konsep produksi adalah konsep manajemen pemasaran dengan pendekatan pokok di aspek produksi, yaitu bagaimana menciptakan produk atau jasa dengan harga yang murah.

Untuk mendapatkan harga yang murah maka perusahaan harus mengatur dan menggunakan berbagai strategi yang lain, seperti :

Bagaimana menciptakan produk dengan harga pokok penjualan (HPP) yang murah, seperti strategi memproduksi barang dalam jumlah besar.

Bagaimana produk bisa berada dekat dengan konsumen, atau tersebar di pasar sasaran, sehingga konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk atau jasa tersebut, karena harga produk sebenarnya adalah termasuk biaya untuk mendapatkan produk tersebut.

Dengan demikian perusahaan akan menggunakan strategi distribusi masal, mengisi hampir semua outlet dengan produk tersebut, dengan harapan konsumen tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut.



Sampai saat ini konsep ini masih digunakan, terutama oleh perusahaan yang memang mengandalkan harga sebagai faktor keunggulan kompetitifnya.

Konsep ini akan berhasil saat tingkat permintaan (demand) lebih tinggi dari kemampuan produksi (supply), atau jika jumlah item dalam kategori produk tersebut hanya sedikit, artinya konsumen tidak memiliki banyak pilihan.

Selain itu konsep manajemen pemasaran ini, juga akan berhasil dengan baik, jika perusahaan menyasar segmen konsumen yang sensitif dengan harga.

# 2 : Konsep Produk

Pada konsep produk (product concept), perusahaan akan menggunakan strategi manajemen dengan orientasi kualitas produk atau kualitas pelayanan.

Konsep manajemen pemasaran ini menggunakan kualitas produk sebagai keunggulan kompetitif yang paling utama untuk bersaing di pasar.

Bahkan beberapa perusahaan yang juga mengadopsi konsep produk ini menciptakan produk atau jasa dengan kualitas yang premium, dan tentu saja dengan jumlah yang terbatas.

Konsep manajemen pemasaran dengan pendekatan konsep (kualitas) produk ini akan berhasil dengan baik untuk segmen pasar yang tidak sensitif dengan harga.

Konsep ini juga akan berhasil untuk perusahaan yang menyediakan produk premium dengan segmen pasar yang juga premium.

Atau perusahaan yang menggunakan strategi dengan memproduksi barang atau jasa dalam jumlah yang sangat terbatas atau edisi terbatas.

Baca juga :

# 3 : Konsep Penjualan

Konsep penjualan (selling concept) atau konsep manajemen pemasaran dengan pendekatan penjualan memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan penjualan, konsumen harus dipengaruhi atau dibujuk.

Itulah sebabnya perusahaan yang menggunakan konsep manajemen pemasaran ini harus menggunakan berbagai strategi penjualan untuk mengarahkan dan mempengaruhi konsumen.

Ada banyak strategi penjualan, mulai dari bagaimana melakukan negosiasi penjualan, teknik penawaran atau presentasi penjualan,teknik komunikasi penjualan, teknik membaca gerak tubuh pelanggan (body language, NLP) dan teknik penjualan lainnya.

Selain itu untuk mempengaruhi konsumen, perusahaan dengan konsep produk ini akan menggunakan berbagai promosi penjualan.

Konsep produk ini akan berhasil dengan baik untuk produk yang sudah dikenal dengan baik oleh konsumen, atau produk yang sudah eksis di pasar.

Dengan konsumen yang sudah mengenal (merek) produk, konsumen hanya dihadapkan pada banyaknya pilihan produk atau jasa yang ada dipasar, dan tugas perusahaan adalah mengarahkan dan mendorong konsumen untuk mengambil keputusan pembelian, baik dengan penguatan keputusan pembelian atau pun dengan berbagai promosi penjualan.

# 4 : Konsep Pemasaran

Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran secara umum untuk manajemen pemasarannya akan menekankan pada apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pasar, kemudian bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar tersebut.

Konsep ini hampir sama dengan konsep penjualan, perbedaannya adalah pada konsep penjualan lebih menekankan pada aspek produk, penjualan dan promosi atau bagaimana konsumen bersedia membeli produk tersebut.

Sedangkan pada konsep pemasaran, perusahaan akan menekankan pada mencari apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar, kemudian bagaimana perusahaan bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut, serta bagaimana perusahaan melakukan komunikasi dan menciptakan persepsi tertentu tentang(merek) produk di benak konsumen.

Jadi konsep penjualan akan berkonsentrasi kepada phisik produk beserta fungsinya atau semua semua atributnya, sedangkan konsep pemasaran akan fokus pada bagaimana konsumen memandang (merek) produk tersebut.

Atau dengan kata lain, perusahaan tidak fokus pada apa yang perusahaan bisa produksi, melainkan pada apa yang konsumen atau pasar inginkan dan butuhkan.

Konsep pemasaran ini yang saat ini berkembang dengan pesat, tentu dikombinasi dengan konsep yang lain, terutama konsep penjualan dan konsep produk (kualitas produk dan kualitas layanan).

# 5 : Konsep Pemasaran Sosial

Pada konsep pemasaran sosial, perusahaan memiliki keyakinan bahwa manajemen pemasaran tidak hanya melulu bagaimana memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen sasaran saja (baca hanya mencari keuntungan semata), tetapi perusahaan juga akan memikirkan aspek sosial atau dampak sosial dari penggunaan strategi pemasaran tersebut.

Jika pemilihan strategi pemasaran yang digunakan perusahaan memberikan dampak negatif, perusahaan akan menghindari konsep tersebut, karena perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan sekitar, meski strategi tersebut akan memberikan benefit ke konsumen sasaran dan perusahaan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang juga mempertimbangkan aspek etika, lingkungan dan sosial atas aktivitas strategi pemasaran mereka.

Beberapa bentuk aktivitas sosial yang mendampingi strategi pemasaran perusahaan yang menganut konsep ini adalah CSR (corporate social responsibility) dan charity program.

Ternyata aktivitas sosial tersebut juga memiliki dampak yang cukup besar untuk meningkatkan equitas merek produk, karena konsumen juga ikut merasa bertanggung jawab terhadap keadaan sosial, sehingga ketika perusahaan menerapkan program sosial tersebut, banyak konsumen yang ikut berkontribusi,salah satunya dengan membeli produk atau jasa tersebut.

Jadi konsep pemasaran sosial (social marketing concept) adalah bagaimana perusahaan memilih strategi manajemen pemasaran yang memiliki tanggung jawab kepada :

  • Pasar atau konsumen dengan memberikan kepuasan konsumen (consumer satisfaction)
  • Perusahaan dengan memberikan keuntungan dan pemenuhan tujuan perusahaan
  • Sosial dengan ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat (human wellfare)

Demikian pembahasan kita mengenai lima konsep dasar manajemen pemasaran, yang meliputi :

  • Konsep produksi, yang fokus pada harga produk.
  • Konsep produk, yang fokus pada kualitas produk.
  • Konsep penjualan, menitikberatkan pada aspek penjualan produk.
  • Konsep pemasaran, berkonsentrasi pada bagaimana memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Konsep pemasaran sosial, strategi pemasaran dengan juga melibatkan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Tentu praktek terbaik dari konsep manajemen pemasaran adalah melakukan kombinasi dari semua konsep diatas dan tentu saja harus disesuaikan dengan tujuan dan kondisi serta sumber daya yang dimiliki perusahaan tersebut.

Semua memiliki keunggulan dan kekurangan, sehingga akan lebih jika kita bisa melakukan kombinasi dari semua konsep tersebut, serta mengupayakan atau menciptakan konsep-konsep baru yang lebih menyeluruh,misalnya seperti konsep holistic marketing atau pemasaran holistik.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Distribusi Pemasaran dotcom ini, semoga Anda mendapatkan manfaat, dan jangan lupa meninggalkan komentar positif.

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

Picture : Pexels by Lukas

>>>Anda dapat menelusuri artikel menarik lainnya melalui SITEMAP LINK ini
Tagged , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published.