Reward untuk Loyal Customer

penghargaan-untuk-pelanggan-loyal

CUSTOMER MANAGEMENT – LOYAL CUSTOMER

Kita tahu, betapa pentingnya arti seorang pelanggan bagi perusahaan, apalagi jika ia adalah pelanggan yang loyal, pelanggan yang setia.

Itulah sebabnya, berbagai upaya dilakukan perusahaan untuk menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan loyalitas para loyal customer ini.

Seperti menawarkan barang gratis, memberikan diskon khusus, dan peluang pembelian khusus kepada pelanggan loyal tersebut.

Dengan satu tujuan agar mereka tahu bahwa kita / perusahaan sangat menghargai mereka dan berharap bisa membuat mereka terus datang dan datang lagi untuk membeli lebih banyak.

Untuk perusahaan dalam skala besar, pasti mereka sudah memiliki loyalty program, yang dibuat secara khusus untuk menghargai mereka, dan tentu untuk mempertahankan mereka.

Bagaimana dengan perusahaan dalam skala kecil dan menengah, apakah mereka harus juga melakukan hal yang sama?

Jawaban saya adalah ya,

Semua perusahaan harus menghargai pelanggan loyal mereka, termasuk perusahaan kecil menengah seperti UKM.

Berikut ini adalah beberapa contoh penghargaan yang bisa dilakukan perusahaan kecil dan menengah kepada pelanggan setia mereka.

Reward untuk Pelanggan Loyal (Loyal Customer)

Special Discount (Diskon Khusus)

Hampir semua perusahaan perdagangan selalu menggunakan diskon sebagai alat promosi mereka, dan tetap berhasil hingga saat ini.

Hampir tidak ada konsumen yang menolak atau melewatkan diskon yang diberikan perusahaan, dengan syarat tidak ada komponen lain yang dikurangi.

Nah perusahaan bisa menggunakan komponen diskon ini sebagai salah satu alat untuk memberikan penghargaan (reward) kepada konsumen loyal kita.

Tentu diskon yang kita berikan harus berbeda atau diluar diskon reguler yang sudah ada, jadi ini murni untuk loyal customers reward.

Skema diskon bisa bermacam-macam, bisa menggunakan minimal pembelian atau target pembelian tertentu yang dibuat bertingkat.

Contoh,

  • Pembelian diatas 10 juta mendapat potongan 10%
  • Pembelian diatas 5 juta sampai dengan 10 juta mendapat potongan 8%
  • Pembelian 2 juta sampai dengan 5 rjuta mendapat potongan 6%
  • Periode program berlangsung selama 3 bulan, usahakan tidak lebih, tapi boleh dibuat tahap kedua.

Pastikan pelanggan mendapat update-an progress pembelian mereka, sehingga mereka bisa mengatur pola belanja mereka.

Program semacam ini bisa kita buat dua kali dalam satu tahun, yang jelas, jangan dibuat sepanjang tahun.

Model ini cocok untuk bisnis yang memiliki database pelanggan lengkap, seperti distributor, dan nilainya tinggal disesuaikan.

Mengenai diskon, bisa diberikan dalam bentuk barang, tentu dengan memberikan keuntungan lebih (diambil dari selisih HPP/DBP dengan HJ/RBP/WBP)  kepada pelanggan.

Cara ini lebih menguntungkan perusahaan, karena barang terjual (untuk hadih diskon), tapi harus memperhatikan rata-rata pembelian mereka.

Loyalty Card (Kartu Loyalitas)

Hampir sama dengan yang pertama, kita memberikan reward setelah pelanggan melakukan pembelian atau transaksi mencapai transaksi tertentu.

Hanya saja disini kita tidak harus memiliki atau tidak harus menyimpan data para pelanggan kita, karena kita akan menggunakan kartu yang harus mereka bawa ketika mereka  bertransaksi dengan kita.

Karena kita tidak harus memiliki data pelanggan tersebut, maka model ini bisa lebih fleksibel untuk diterapkan di beberapa jenis usaha kecil,

Contohnya seperti ritel atau pengecer, kafe, resto atau rumah makan, service kendaraan, dan lain-lain.

Kita tinggal buat catatan kecil di kartu yang dibawa, setiap kali ada transaksi yang dimaksud, dan setelah mencapai jumlah atau target tertentu, maka pelanggan tersebut berhak untuk mendapatkan reward dari kita.

Aplikasi yang lain, bisa juga dengan mendapatkan potongan sekian persen, setiap kali pelanggan tersebut bisa menunjukkan kartu langganan mereka.

 Bagaimana jika kita memiliki kemampuan untuk mengelola data pelanggan?

Tentu saja hasilnya akan jauh lebih baik lagi.

Buy One Get One Free (BOGOF)

Give away free item ini cukup banyak diterapkan perusahaan distributor dan ritel, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan mereka.

Model ini lebih dikenal dengan nama buy one get one free – bogof, meski dalam prakteknya adalah beli tiga gratis satu (b3gof).

Bogof sebaiknya tidak digunakan terlalu sering, dan harus dalam periode yang pendek atau dalam jumlah yang tidak terlalu besar.

Hal ini untuk menghindari kesan bahwa produk kurang laku (kualitas yang rendah), sehingga ‘terpaksa’ harus diberikan gratis.

Gala Dinner (Jamuan Makan Malam)

Jamuan makan malam merupakan salah satu cara bagai perusahaan untuk menunjukan appreciation kita kepada pelanggan setia kita.

Tentu tidak semua pelanggan bisa kita undang dalam gala dinner tersebut, kita bisa mengambil top 100  saja.

Dalam acara tersebut, perusahaan berkesempatan untuk lebih mengenal pelanggan dengan lebih dekat dan lebih baik lagi.

Menjelaskan visi dan misi perusahaan, terutama yang berhubungan dengan para pelanggan tersebut (tumbuh bersama), dan berbagai aktivitas lainya.

Kadang dalam jamuan makam malam ini juga akan diumumkan beberapa customer terbaik untuk beberapa kriteria (biasanya diambil dari beberapa program yang sudah dijalankan selama ini).

Bisa juga untuk memperkenalkan program, layanan atau produk baru dari perusahaan, jadi sekalian acara peluncuran produk.

Acara ini akan sesuai unutuk perusahaan kelas menengah keatas, karena memang biaya dibutuhkan cukup besar.

Trial New Product (Service)

Mirip dengan sebelumnya, hanya saja dalam acara ini konsepnya lebih kepada pengenalan produk (barang atau layanan) baru kepada pelanggan utama kita.

Yang perlu diperhatikan disini adalah fokus dari event ini adalah kesempatan yang diberikan perusahaan ke pelanggan utama kita untuk mengenal dan mencoba produk baru yang belum diluncurkan ke pasar tersebut.

Dengan demikian diharapkan para pelanggan akan bersedia memberikan beberapa masukan seputar produk tersebut, sebelum nantinya benar-benar diluncurkan ke pasar.

Harapannya pelanggan akan merasa ikut memiliki dan ‘bertanggung jawab’, terhadap kesuksesan produk tersebut nantinya.

Dan perusahaan juga mendapatkan keuntungan berupa feedback yang sangat bagus seputar finalisasi dari produk tersebut.

Satu hal lagi konsep seperti ini bisa menciptakan buzzing karena produk akan menjadi topik pembicaraan mereka.

Yang perlu diperhatikan, tetap ada batasan bagian dan prosentase dari produk yang bisa di rubah, hal ini untuk menhindari produk dirubah mendekati total.

Factory Visit (Kunjungan ke Perusahaan)

Kita bisa mengajak para pelanggan utama kita untuk mengadakan kunjungan ke perusahaan kita, intinya untuk lebih mengenal bagaimana produk yang mereka tangani selama ini diproses dan diproduksi.

Hal ini akan meningkatkan kecintaan dan kesetiaan mereka terhadap produk tersebut, yang secara otomatis terhadap perusahaan juga.

Ada banyak acara yang bisa dikemas dalam acara kunjungan ke pabrik tersebut, yang paling utama acara diusahakan memorable dan menberikan pengalaman pelanggan yang unik.

Di akhir acara kita mmeberikan cendera mata yang bersifat unik, tematik terhadap produk atau perusahan dan tematik terhadap acara tersebut.

Tour (Wisata Bareng)

Sebenarnya ini sebuah program promosi yang kemudian dikemas menjadi acara wisata bareng ke suatu destinasi yang cukup menarik sebagai reward-nya.

Objective yang dikejar adalah kesempatan untuk bisa bertemu secara langsung dengan para pelanggan utama yang ikut program tersebut.

Biasanya dalam acara ini kita akan sisipi dengan business review untuk segment pelanggan tersebut, termasuk pemilihan pelanggan favorit untuk beberapa kriteria.

Special Service (Layanan Khusus)

Beberapa pelanggan besar mungkin bertanggung jawab atas sebagian besar keuntungan perusahaan kita.

Jadi penting pakai sangat, untuk memberi mereka tingkat layanan khusus.

Bentuk layanan ini bisa berupa apa saja,

Mulai dari mengesampingkan jumlah pesanan minimum, harga khusus,  prioritas proses / pelayanan, hingga proses pengiriman yang dipercepat.

Kita biasa mengenal mereka sebagai pareto outlet atau star outlet (pelanggan khusus dengan kontribusi besar).

Sebagai tambahan referensi, dapat juga dibaca di :

Cara mendapatkan pelanggan baru (bagian1)

Cara mendapatkan pelanggan baru (bagian2)

Customer care – Pentingnya layanan pelanggan bagi UKM

Penutup

Itu adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menunjukan apresiasi kita kepada pelanggan utama atau pelanggan loyal kita.

Tentu saja bentuk dari reward dan kemasan acara atau program bisa disesuaikan dengan jenis dan skala industrinya.

Intinya perusahaan atau kita selaku pemilik usaha harus berfikir kreatif bagaiaman carannya agar pelanggan besar atau pelanggan utama kita loyalitasnya bisa semakin meningkat.

Dan para loyal customer tersebut harus menyadari bahwa perusahaan sangat appreciate terhadap mereka, jadi usahakan acara tersebut memberikan benefit atau memang sesuatu yang mereka sukai.

Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Distribusi Pemasaran Dotcom, semoga ada manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

Picture : Freepik



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*