Mengenal Kredibilitas sebuah Merek (Brand Credibility)

brand-credibility
brand-credibility

MARKETING STRATEGY

Brand credibility atau kredibilitas merek adalah salah faktor psikologis yang dapat memicu munculnya dorongan pembelian konsumen.

Memang tidak semua dorongan pembelian tersebut akan berakhir dengan terciptanya transaksi (pembelian oleh konsumen), masih ada faktor-faktor lain yang ikut mempengaruhi terciptanya konversi (menuju penjualan).

Kredibilitas merek ini berhubungan erat dengan perspektif konsumen terhadap merek kita, tentang bagaimana persepsi konsumen terhadap merek kita.

Jadi seharusnya brand credibility yang baik, adalah yang mampu mengubah cara pandang konsumen terhadap brand dari produk atau jasa kita agar memiliki arti yang positif, yang mampu men-triger dan men-drive konsumen agar tertarik dan melakukan pembelian.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi terciptanya kredibiltas merek yang tinggi, salah satunya adalah nama besar perusahaan yang menghasilkan merek tersebut.

Bagaimanapun juga corporate image yang tercipta, yang berkembang di publik, ikut serta menciptakan persepsi yang berkembang di pasar / publik mengenai merek produk atau jasa kita.

Brand credibility adalah believability atau kemampuan untuk dapat dipercaya dari merek produk tersebut dan informasi yang tertanam dalam merek tersebut, di mana juga tergantung pada persepsi konsumen apakah merek produk tersebut memiliki kemampuan dan kesediaan untuk terus memberikan dan mampu memenuhi apa yang telah dijanjikan.

Brand credibility terdiri dari dua komponen utama, yaitu  kepercayaan atau trustworthiness dan keahlian atau expertise.

Kepercayaan (trustworthiness) akan mengacu pada kesediaan perusahaan untuk memberikan apa yang telah dijanjikan, sedangkan keahlian (expertise) akan mengacu pada kemampuan perusahaan untuk memberikan apa  yang telah dijanjikan merek produk tersebut.

Sebuah merek yang semakin kredibel, akan semakin besar peluang merek produk atau layanan tersebut akan dimasukkan ke dalam daftar pilihan yang akan dipilih oleh konsumen untuk dibeli.

 

Membangun Kredibilitas Merek (Brand Credibility)

Setelah kita memahami tentang kredibilitas merek, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara kita membangun merek yang memiliki kredibilitas yang baik, yang tinggi yang mampu meningkatkan ekuitas merek (brand equity) produk atau jasa kita.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kita harus kembali kepada pengertian dari brand credibility tersebut, yaitu kredilitas yang dimiliki oleh sebuah merek, di mana kredibilitas itu sendiri bisa memiliki arti positif dan bisa juga memiliki arti negatif.

Ingat, kredibilitas itu sendiri tercipta oleh serangkaian persepsi yang di terima oleh konsumen terhadap merek produk atau jasa kita.

Artinya, kita bisa mengatakan bahwa merek dari produk atau jasa kita baik, artinya memiliki kredilitas yang baik, tetapi hal tersebut tidak berarti apa pun di pasar (market) jika konsumen memiliki persepsi yang sebaliknya, jika konsumen memiliki persepsi minus, atau jika konsumen atau pasar tidak memiliki kesamaan dengan persepsi kita.

Jadi untuk membangun dan mengembangkan kredibilitas sebuah merek, kita harus, kita wajib menggunakan sudut pandang konsumen, melihat dari sisi konsumen, atau bagaimana jika kita yang menjadi konsumen.

Dan satu hal lagi, saat kita berada di posisi konsumen, tentu kita tidak akan memiliki serangkaian pengetahuan sebaik dan sebanyak saat kita sebagai bagian dari perusahaan penghasil merek tersebut.

Ini sangat penting.

Kadang kita berdiri di sisi konsumen, namun kita telah memiliki banyak pengetahuan dan pemahaman yang tinggi tentang merek produk tersebut, yang tentu saja hal ini akan mengaburkan opini yang seharusnya keluar dari kita sebagai konsumen, jika kita adalah konsumen dengan pengetahuan dan pemahaman yang terbatas.

Jadi agar apa yang menjadi persepsi kita tentang kredibilitas merek (brand credibility) bisa menjadi sama dengan apa yang menjadi persepsi konsumen atau pasar sasaran (target market) kita, maka penting bagi kita (perusahaan) untuk melakukan serangkaian hal sebagai berikut :

  • Melakukan aktivitas non verbal seperti menciptakan konteks produk yang bisa menyampaikan / men-deliver pesan, atau memberi gambaran tentang fungsi dan kualitas produk kita. hal ini akan banyak berhubungan dengan logo, label, packaging dan semua atribut yang melekat di produk tersebut.
  • Melakukan aktivitas komunikasi pemasaran yang terpadu bukan saja untuk meningkatkan awareness merek produk kita, tetapi juga untuk menciptakan gambaran (brand image), membangun asosiasi atas merek produk tersebut (brand association) bahkan aktivitas-aktivitas yang bersifat edukasi dan menciptakan pengalaman (education dan experiential), baik melalui iklan dan promosi (ad pro), berbagai acara (event, exhibition) dan lain-lain.
  • Membangun budaya perusahaan (company culture) yang kuat, yang merupakan turunan dari visi dan misi perusahaan, baik yang bersifat kedalam (berhubungan dengan internal perusahaan) maupun yang bersifat keluar (berhubungan dengan pihak luar, terutama bagaimana perusahaan berinteraksi dengan pelanggan).

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membangun kredibilitas merek, yaitu :

 

Membangun Persepsi Pelanggan yang Positif

Seperti yang diuraikan di atas, ada banyak cara untuk membangun persepsi yang positif dari para pelanggan dan konsumen produk kita, seperti membuak iklan yang memberikan klaim atas keunggulan merek produk tersebut.

Menciptakan standar pelayanan yang prima, dan berusaha untuk menerapkan standar pelayanan tersebut atau melampaui standar harapan pelanggan sehingga tercipta kepuasan pelanggan.

Semua aktivitas yang bersentuhan dengan pelanggan, memiliki standar khusus, yaitu selalu ada komponen yang menciptakan pencitraan yang positif atas merek produk dan kinerja merek tersebut.

Menciptakan berbagai program untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan, menciptakan keterlibatan pelanggan dan memberikan pengalaman positif bagi pelanggan.

 

Kompetensi Bisnis

Apapun bentuk bisnis kita, produk atau pelayanan, maka kita harus menunjukkan keahlian merek produk atau layanan kita dibidang yang kita tawarkan tersebut.



Itu artinya, merek produk atau layanan kita memang harus expert di bidang tersebut, atau di kategori produk tersebut.

Kemudian kita mulai bisa menampilkan data dan statistik yang berfungsi sebagai bukti atas kinerja merek produk atau layanan tersebut.

Kita juga bisa menampilkan semua informasi tersebut didalam sebuah web perusahaan, yang dilengkapi dengan portofolio atau testimoni dari mereka yang telah menggunakan produk dan jasa kita.

 

Konsistensi

Sebagaimana uraian di atas, untuk membangun kredibilas sebuah merek bukanlah proses sekali jalan, melainkan sebuah proses atau jalan panjang di mana kita harus mencapai suatu tahapan, mempertahankan tahapan tersebut, kemudian meningkatkan pencapaian tersebut.

Inilah proses panjang, jalan panjang untuk mencapai dan mempertahankan kredibilitas sebuah merek produk atau layanan.

Bagaimanapun dalam proses membangun ini, satu kesalahan bisa saja berakibat fatal dan mampu dengan mudah merusak kredibilitas merek yang susah payah kita bangun tersebut.

Jadi konsistensi dalam membangun sangat penting, konsistensi dalam mencapai dan memelihara serta upaya untuk meningkatkan hasil ini sangatlah penting.

Proses-proses ini haruslah selaras dengan semua proses yang terlibat dalam operasi bisnis kita mulai dari produksi, distribusi, penjualan maupun komunikasi yang dilakukan perusahaan.

Sehingga saat kita bisa mencapai tingkat dengan standar tertentu, hal ini akan berlaku untuk semua tingkat operasi bisnis perusahaan.

Hal ini sangat penting agar kita mampu tetap konsisten sehingga hasil yang dicapai yaitu merek yang memiliki kredibilitas yang positif tersebut, dapat kita pertahankan dalam waktu yang lama, dalam masa yang panjang.

Baca juga :

 

Demikian sekilas ulasan kita mengenai kredibilitas sebuah merek atau brand credibility dan tips sederhana untuk membangun dan mempertahankannya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Distribusi Pemasaran dotcom, semoga mendapatkan manfaat yang positif, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar positif untuk kita semua.

 

Salam Sukses Sehat dan Bahagia

 


Untuk Anda :

Panduan Belajar bidang Distribusi & Pemasaran, FREE AKSES

Tools & Templates, yang dapat membantu meningkatkan Karir Anda

Consulting & Training Service, bidang Distribusi & Pemasaran


2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*