Selling Skills – Ketrampilan Penjualan yang Harus Dimiliki Setiap Salesperson

Agus Octa

SELLING SKILLS

Bagi orang sales pasti sudah tidak asing dengan selling skills, dimana secara umum definisi selling skills adalah keterampilan penjualan, baik umum maupun khusus (spesifik) yang wajib dimiliki oleh setiap tenaga penjalan atau salesman.

Benar selling skills atau keterampilan penjualan ini hukumnya wajib, harus dimiliki oleh siapa pun yang ingin menjadi tenaga penjualan atau salesman yang lebih baik, yang lebih berhasil, yang lebih sukses.

Jika kita pernah bertemu seorang yang tampak sangat alami dalam proses penjualan, hal ini menunjukkan orang ini telah memiliki keterampilan penjualan, dimana selling skills tersebut telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian mereka.

Semua keterampilan penjualan (selling skills) yang kita butuhkan untuk menjadi tenaga penjualan yang lebih baik dapat dipelajari dan dikembangkan.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai selling skills umum, yaitu :

  • Communication skills
  • Listening skills
  • Problem Solving skills
  • Interpersonal skills
  • Organization skills
  • Self-motivation skills
  • Persuasion skills
  • Customer service skills
  • Integrity

Yang penting untuk kita ketahui adalah bahwa semua keterampilan penjualan atau selling skills ini dapat dipelajari dan dikembangkan, tinggal kita sebagai orang sales mau apa tidak meningkatkan kemampuan kita.

Berikut adalah keterampilan penjualan umum (general selling skills) yang harus dimiliki oleh tenaga penjualan, yaitu :

selling skills adalah ketrampilan penjualan, wajib bagi salesman
Selling Skills – @Freepik

Effective Communication Skills (Komunikasi yang Efektif)

Ada beberapa ketrampilan yang harus dikuasai sales person, yang paling utama adalah skill Komunikasi yang Efektif (communication skills).

Seorang salesman yang handal harus mampu memberikan respon yang cepat dan  baik terhadap kondisi prospek, konsumen dan pelanggan.

Kita harus dapat menawarkan solusi terbaik untuk masalah mereka, jika mereka akan membeli dari kita atau akan berinteraksi dengan kita atau perusahaan kita.

Dalam communication skills ini terdiri dari komunikasi secara verbal , non-verbal dan listening.

Untuk komunikasi verbal ada dalam bentuk lisan atau percakapan, dan juga dalam bentuk tulisan atau text.

Sedangkan komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang tidak melibatkan tulisan, lisan maupun mendengarkan, seperti gerakan badan atau anggota badan, ekspresi wajah, kontak mata, emosi, cara berpakaian, dan lain-lain.

Effective communication skills adalah selling skills utama yang harus dikuasi seorang salesman atau tenaga penjualan.

Effective Listening Skills (Mendengarkan secara Efektif)

Listening skills atau ketrampilan mendengarkan merupakan ketrampilan penjualan (selling skills) utama yang wajib dimiliki sales person.

Ketrampilan mendengarkan ini bukan hanya sekedar mendengarkan apa yang diucapkan atau dikomunikasikan oleh lawan bicara atau pelanggan, tetapi menyangkut apa-apa yang terucap (verbal) maupun apa-apa yang tidak diucapkan.

Ketrampilan ini biasa disebut ketrampilan mendengarkan secara efektif (effective listening skills) atau ketrampilan mendengarkan secara aktif (active listening skills).

Seorang sales person yang baik, harus bersedia meluangkan waktu untuk memahami apa yang benar-benar dibutuhkan prospek, konsumen maupun pelanggan, serta melakukan identifikasi masalah yang sedang coba dipecahkan oleh mereka.

Ketrampilan memdengarkan secara efektif / aktif ini termasuk bagian dari skill komunikasi yang efektif, yang sengaja dipisahkan karena memang skill ini sangat penting.

Problem Solving Skills (Memecahkan Masalah)

Tujuan aktivitas salesman memang menjual, tetapi bukan produk yang sebenarnya dijual oleh salesman, melainkan solusi, solusi atas problem yang dimiliki prospek, konsumen dan pelanggan.

Jadi untuk bisa menjadi tenaga penjual yang handal dibutuhkan kemampuan untuk mengidentifikasi apa masalah yang dimiliki prospek, konsumen atau pelanggan kita.

Kemudian kita menggunakan informasi tersebut untuk memberikan solusi atas permasalahan atau situasi yang mereka miliki.

Bagian tersulit untuk menguasai selling skill ini adalah memastikan bahwa masalah yang coba dipecahkan oleh pelanggan adalah masalah aktual yang ada.

Interpersonal Skills

Salah satu hal terpenting dari aktivitas penjualan adalah membangun hubungan baik dengan target market kita.

Dan untuk bisa membangun hubungan baik dengan mereka salah satu yang kita butuhkan adalah ketrampilan interpersonal (interpersonal skills).

Seorang tenaga penjualan yang baik, harus tahu bagaimana bekerja dengan baik dengan konsumen atau pelanggan.

Mereka harus sopan, hormat, dan terampil dalam membangun hubungan.

Keterampilan interpersonal ini lebih dari sekadar keterampilan komunikasi.

Interpersonal skills seringkali  adalah keterampilan khusus yang tampaknya datang kepada sebagian dari kita secara alami, sementara yang lain mungkin harus berjuang keras untuk mampu mengaplikasikan selling skill ini.

Skill interpersonal akan membantu kita untuk mampu bekerja dengan pelanggan kita dan membangun hubungan baik (build rapport) dengan mereka.

Selain itu juga akan membantu kita untuk mengadvokasi (advocate) pelanggan kita dengan kolega kita di seluruh organisasi kita.

Keterampilan interpersonal juga membantu kita membangun jenis hubungan jangka panjang yang penting dalam mempertahankan pelanggan dari waktu ke waktu.

Organization Skills (Ketrampilan Mengorganisasi)

Keterampilan mengorganisasi adalah skill yang paling jarang dimiliki oleh para tenaga penjualan.

Salesman umumnya paling malas jika harus berurusan dengan data dan administrasi, padahal beberapa aktivitas dari organization skills ini tidak jauh dari data dan administrasi.

Ini berarti bahwa mereka memiliki sistem untuk memelihara informasi tentang prospek, konsumen, pelanggan, produk, dan informasi lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan mereka.

Jika kita ingin sukses sebagai tenaga penjualan, maka seluruh aktivitas kita, termasuk hasilnya harus terorganisir dengan baik.

Kita akan memiliki informasi tentang produk dan layanan kita sendiri untuk bisa dilacak dengan mudah, informasi tentang prospek, konsumen dan pelanggan kita, apa bisnis mereka, informasi tentang prospek yang mungkin menjadi konsumen dan pelanggan, dan informasi lain yang mungkin diberikan oleh organisasi kita, plus, kita akan memiliki informasi yang relevan dengan pekerjaan itu sendiri.

Kita harus melacak setiap aktivitas penjualan yang kita lakukan, kita harus memiliki informasi tentang promosi dan prosedur internal, serta informasi tentang cara menggunakan data, alat, atau perangkat lunak apa pun yang perlu kita gunakan.

Kita juga harus memiliki kalender operasional pribadi kita untuk melacak keterlibatan atau progress yang kita capai untuk  setiap pertemuan dengan klien.

Semua itu menjadi mungkin untuk kita miliki hanya jika kita mau mempelajari dan mengaplikasin selling skills ketrampilan mengorganisasi ini dengan baik.

Self-Motivation Skills (Keterampilan Motivasi Diri)

Sebagai seorang penjual, kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri, karena akan ada saat-saat kita merasa tidak ingin melakukan sesuatu.

Akan ada saat-saat di mana kita tidak ingin mengambil langkah berikutnya dalam proses penjualan, atau melakukan panggilan telepon itu ke pelanggan berikutnya.

Kondisi semacam ini harus bisa kita atasi, harus bisa kita tepis dan buang jauh-jauh dari diri kita.

Kita harus tahu bagaimana mengatasi perasaan seperti itu dan segera mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan, yang akan membantu kita sukses dalam pekerjaan kita.

Motivasi membutuhkan tujuan untuk diperjuangkan,  maka kita harus bisa menjadi sekreatif yang kita  inginkan dalam tujuan yang kita tetapkan untuk diri sendiri,

Kreativitas ini akan membantu kita untuk mengambil tindakan berikutnya yang diperlukan dalam bergerak melalui proses penjualan.

Sasaran tidak harus terkait dengan saluran penjualan atau proses penjualan kita, tetapi sasaran ini juga bisa terkait dengan pertumbuhan pribadi kita sendiri.

Self-motivation skills atau keterampilan motivasi diri, adalah selling skills yang mampu menjawab semua kebutuhan tersebut.

Persuasion Skills (Persuasi)

Seperti kita ketahui, konsumen ataupun pelanggan hampir selalu memiliki pilihan, apakah akan membeli produk kita atau memilih produk lain, atau mungkin menunda pembelian mereka.

Ketrampilan persuasi adalah selling skills yang merupakan seni membantu konsumen atau pelanggan kita untuk memilih penawaran yang kita berikan daripada yang lain.

Keterampilan persuasi adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mendorong konsumen atau pelanggan memilih produk atau layanan kita, bukan produk atau jasa milik pesaing.

Keterampilan paling penting dalam persuasi adalah memahami sudut pandang pelanggan kita dan memberikan informasi tentang manfaat penawaran kita sesuai sudut pandang mereka.

Sebagai tenaga penjualan, seringkali kita cenderung berfokus pada fitur penawaran kita saja, padahal seharusnyakita berfokus pada bagaimana pelanggan akan mendapat manfaat dari produk atau layanan kita.

Customer Service Skills (Layanan Pelanggan)

Setelah kita mengetahui cara melakukan penjualan, apakah kita juga tahu bagaimana membuat pelanggan itu kembali?

Apakah kita menjadikan mereka sebagai penjualan satu kali atau sebagai seseorang yang bisa menjadi sumber penjualan terus-menerus selama hubungan dengan mereka?

Layanan pelanggan bukan hanya serangkaian langkah yang kita kerjakan kemudian selesai.

Ini adalah sikap dan cara memandang pelanggan yang memungkinkan kita memberikan tingkat layanan terbaik yang dapat kita dan perusahaan kita berikan.

Jangan pernah meremehkan kekuatan layanan pelanggan (customer service) dalam hal melakukan penjualan dan mempertahankan pelanggan (customer retention).

Banyak pelanggan bersedia membayar harga yang lebih tinggi demi mendapatkan akses ke orang-orang yang memeiliki layanan pelanggan yang sangat baik, yang akan responsif dan efektif setiap kali mereka dibutuhkan.

Customer service skills adalah selling skills yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan customer retention dan customer loyalty.

Integrity ( Integritas)

Kita tahu, dalam hubungan apa pun, termasuk hubungan tenaga penjualan dengan pelanggan, integritas sangat penting.

Tanpa integrity, kita akan kehilangan kepercayaan pelanggan, bisnis mereka, dan mungkin bisnis orang lain yang akan mendatapkan cerita dari pelanggan tentang perusahaan kita , dan tentunya kita.

Apa yang kita maksud dengan integritas?

Definisi sederhananya adalah bahwa seseorang yang berintegritas bertindak sesuai dengan nilai dan komitmennya.

Tools & Templates

Ini berarti bahwa jika kita bertindak dengan integritas, kita tidak hanya memenuhi nilai-nilai organisasi kita, tetapi juga nilai kita sendiri.

Ketika kita menunjukkan bahwa kita memiliki integritas, kita menunjukkan bahwa kita adalah seseorang yang dapat dipercaya dan bahwa kita memiliki niat terbaik untuk konsumen dan pelanggan kita.

Hal ini dapat menjadikan kita sebagai mitra yang berharga dan rekan kerja yang sangat tepercaya di mata pelanggan.

Diperlukan beberapa interaksi untuk menunjukkan bahwa kita memiliki integritasi, seperti yang disebutkan di atas, kita dapat merusak integritas kita hanya dengan satu interaksi yang gagal.

Jadi ingatlah bahwa setiap kali kita bekerja dengan pelanggan kita, maka kita memiliki kesempatan untuk menunjukkan integritas kita.

Bacaan terkait :

Skill yang Dibutuhkan Key Account Executive – Key Account Manager

9 Sales Skills ini Wajib Dimiliki, Jika Ingin Jadi Salesman yang Sukses

Penutup Selling Skills

Demikian pembahasan singkat kita mengenai sellling skills, ketrampilan penjualan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang berhasil dan sukses dalam bidang penjualan.

Ketrampilan penjualan (selling skills) diatas ada yang benar-benar harus dimiliki dan dikuasi oleh para tenaga penjualan, namun beberapa memang sangat sulit bagi salesman untuk menerapkannnya.

Namun jika kita, ingin menjadi salesman yang berhasil, yang sukses, maka menguasai dan mengaplikasikan selling skills diatas merupakan sebuah keharusan.

Di artikel berikutnya, akan kita bahas dengan lebih dalam dan lebih mendetail semua selling skills diatas.

Terima kasih atas kunjungan Anda di blog DistribusiPemasaran dotcom, semoga Anda mendapatkan manfaat.

Dan jika Anda atau perusahaan Anda membutuhkan bantuan konsultasi atau pelatihan seputar selling skills dalam bidang distribusi dan pemasaran, bisa menghubungi kami di kontak ini.

Salam sukses, sehat dan bahagia

Picture : Freepik

1 thought on “Selling Skills – Ketrampilan Penjualan yang Harus Dimiliki Setiap Salesperson”

Leave a Comment